oleh

Dialog Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 Di Kecamatan Sukajadi .

-LIPSUS, PRABU-45 views

Bandung, prabunews.com – Sekolah rintisan menjadi alternatif untuk menampung siswa agar bisa bersekolah di SMP negeri sesuai dengan Permendikbud Nomor 72 tahun 2014. Warga Sukajadi boleh bersenang hati, keinginan untuk adanya SMP Negeri mendapat respon positif dari Dinas Pendidikan Kota Bandung.

Hal tersebut dikatakan olehKabid Pembinaan dan Pengembangan SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung, Hadiana Soeriaatmadja pada Dialog tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019, bertempat di Aula Kecamatan Sukajadi Kota Bandung, Senin, 4/3/2019.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kelurahan Cipedes yang bekerjasama dengan Kantor Kecamatan Sukajadi Kota Bandung.

Pada kesempatan ini turut hadir Sekretaris Kecamatan Sukajadi, Agung Purnomo, Lurah Se-Kecamatan Sukajadi, Ketua Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Bandung, Doddy Rachmadi, Ketua KIM Se – Kecamatan Sukajadi, Penasehat KIM Cipedes/Mantan Kabid SD dan SMP Disdik Kota Bansung Supardi, LPM, RW, PKK, dan undangan perwakilan masyarakat sukajadi lainnya.

Menurut Hadi, pada tahun ini akan ada sekolah rintisan SMP Negeri yang lokasinya di SDN Sukawarna yang luas lahannya mencapai 5.000 M2. Sehingga lokasi sangat memungkinkan untuk dijadikan Sekolah Rintisan.

Untuk tahun sekarang ini, Penerimaan Peserta Didik Baru Sekolah Rintisan Sukajadi sebanyak 64 Siswa untuk dua kelas. Selama ini Disdik terkendala lahan untuk membuat sekolah baru. Padahal pihaknya menargetkan di satu kecamatan harus ada satu SMP Negeri. Sekolah rintisan menjadi alternatif untuk menampung siswa yang ingin bersekolah di negeri.

Hadi mengatakan sekolah rintisan dinilai efektif untuk menampung siswa. Sekolah rintisan ini adalah sekolah yang menjadi jaringan dari SMP Negeri terdekatnya yang akan menjadi sekolah penyangga. Gedungnya bisa bertempat di sekolah dasar yang memiliki bangunan berlebih yang bisa dimanfaatkan menjadi kegiatan belajar mengajar.

Hadi menuturkan sekolah rintisan ini, masih dalam pengkajian, terutama di kawasan-kawasan padat penduduknya. Pihaknya juga melihat kesiapan dari SD yang ada untuk digunakan sebagai tempat kegiatan belajar mengajar (KBM) sekolah rintisan. 

Walaupun sekolah rintisan, kata Hadi, tetapi tetap terdaftar dan juga mendapat dana BOS dari pemerintah,” ungkap Hadi.

Pada sesi tanya jawab, Ketua RW 09 Suherman melaporkan kondisi benteng SDN Luginasari yang hampir ambruk, agar segera mendapat perhatian dari Disdik Kota Bandung, ” ujar Herman panggilan akrab Ketua RW 09 Kelurahan Cipedes ini.

Selain itu juga perwakilan dari beberapa RW mempertanyakan tentang sistem dan kebijakan zonasi dalam PPDB.

Komentar

News Feed