oleh

Celentung Pecahkan Rekor Dunia Versi RHR (Record Holder Republic) Yang Berbasis Di Amerika Serikat.

Garut, Prabunews.com – Dalam rangka Gebyar Pesona Budaya Garut Ke-206 alat musik khas Selaawi Kabupaten Garut “Celentung” pecahkan rekor dunia versi RHR (Record Holder Republic) yang berbasis di Amerika Serikat.

Alat musik celentung tersebut pada saat itu dimainkan oleh 206 siswa dari Selaawi Garut dengan memakai seragam batik dalam waktu 10 menit di Alun-alun Garut Jawa Barat. Sabtu (6/7/2019).

Vice President of RHR, Lia Mutisari mengatakan, jenis alat musik ini tidak pernah ada dan masuk kategori unik menurut dunia. “Semoga menjadi inspirasi gerakan kebudayaan dalam mengharumkan nama Indonesia di mata dunia,” katanya.

Celentung ini merupakan alat musik yang terbuat dari bambu dengan panjang sekitar 30 cm. Terdapat dua bandul yang terpasang di sisi bulatan bambu berfungsi sebagai penabuh.

Cara bermainnya dengan dikecrek dengan menggunakan satu tangan. Nada yang dihasilkan berbagai nada hampir mirip dengan alat musik angklung yang memiliki nada do, re, mi, fa, sol, la, si.

Setiap orang membunyikan nada secara bergantian. Suaranya yang unik memiliki nada khas dan daya tarik tersendiri bagi yang memainkannya. Apalagi kalau dikolaborasikan dengan alat musik lain seperti kecapi dan kendang.

Adapun Suporting dalam kegiatan tersebut diantaranya, Menteri Pariwisata RI, Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc, Anggota DPR RI, H. Ferdiyansah,SE.,MM, Gubernur Jawa Barat H. Muhammad Ridwan Kamil, ST, Bupati Garut, H. Rudy Gunawan,SH., MH., MP., Wakil Bupati Garut, dr. H.Helmi Budiman, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Prov Jawa Barat, Dr. Dedi Taupik M.Si, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut, H. Budi Gan Gan Gumilar, SH.,M.Si. ( red )

Komentar

News Feed