oleh

Sektor 6 Menjadi Tempat Penelitian Bakteri Mr 80

KAB.Bandung, Prabunews.com – Kurang lebih 360 jeriken berisi bakteri mikroba MR-80 untuk mengurai zat kimia atau racun yang terkandung di dalam air aliran Sungai Citarum ditebar di Oxbow Sungai Citarum Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung, Jumat (23/8/2019).

Penebaran bakteri ini merupakan suatu upaya untuk memperbaiki kandungan air menjadi bersih dan jernih, dengan harapan air yang ada di Oxbow Sungai Citarum bisa digunakan untuk kebutuhan mandi, cuci dan kakus (MCK) masyarakat sekitar disaat memasuki kemarau.

Ratusan jeriken berisi bakteri ini langsung dituangkan Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum Sektor 6 yang bekerja sama dengan PT. Pusaka Agro Pacipic, sebagai penyedia bakteri untuk mengurai kandungan zat kimia yang bersenyawa di Oxbow Sungai Citarum tersebut.

Komandan Sektor 6 Kolonel Inf Yudi Zanibar
Komandan Sektor 6 Kolonel Inf Yudi Zanibar

Pada kesempatan ini penebaran bakteri itu langsung dilakukan oleh Kolonel Inf. Yudi Zanibar Dansektor 6 Citarum Harum, General Manager PT. Pusaka Agro Pacipic Jodi Hendra.

Cairan bakteri yang disiapkan PT. Pusaka Agro Pacipic 360 jeriken itu, secara bertahap dalam dua hari ini langsung ditebar di Oxbow Sungai Citarum Bojongsoang, sekitar jembatan biru Jalan Raya Baleendah-Bojongsoang.

Kolonel Inf Yudi Zanibar mengatakan. “Oxbow Sungai Citarum ini disaat turun hujan bisa menahan air luapan Sungai Citarum, sedangkan kemarau bisa dijadikan sumber air. Hanya saja, kita saat ini sedang berupaya untuk menjernih air melalui penggunaan bakteri mikroba yang difasilitasi PT. Pusaka Agro Pacipic,” kata Yudi kepada wartawan usai penebaran bakteri.

“Awalnya, memang banyak wacana tentang bakteri pengurai kandungan kimia dalam air. Akhirnya, kami tantang (PT. Pusaka Agro Pacipic) untuk melakukan di Oxbow Sungai Citarum. Setelah ditebar bakteri mikroba ini, akan dilakukan pemantauan mulai dari awal penebaran bakteri sampai 7-8 hari kedepan. Diharapkan, airnya jernih dan zat kimianya berkurang,” paparnya

Ia pun mengatakan, setelah bakteri ini ditebar, nanti dilakukan pemeriksaan baku mutu airnya. Hal tersebut bagian dari upaya percontohan untuk mengelola air yang bisa digunakan masyarakat sekitarnya.

General Manager PT. Pusaka Agro Pacipic Jodi Hendra

 

Sementara itu General Manager PT. Pusaka Agro Pacipic Jodi Hendra kepada media mengatakan ” Bakteri yang kita gunakan hari ini adalah khusus untuk sungai ,karena bakteri seperti yang kita ketahui semua bakteri ada fungsi nya untuk berbagai macem, selain untuk IPAL Limbah dan yang lainnya. Hari ini pertama kali bakteri ini diuji coba disungai oksbow sektor 6. kita lihat 4- 6 hari kedepan setelah ditebar kemarin dan hari ini. ” katanya ( Way )

Komentar

News Feed