oleh

Koordinator Bidang Kemaritiman RI, Luhut Binsar Panjaitan  Beserta  Jajaran Dan Kepala BPNPB Letjen Doni Munardo Tinjau Kinerja Sektor 6

Bandung, prabunews.com –  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI, Luhut Binsar Panjaitan  beserta  jajaran dan kepala BPNPB Letjen Doni Munardo serta Bupati Bandung Dadang M Naser  didampingi Dansektor 6 Kolonel Inf Yudi Zanibar meninjau hasil kinerja  satgas Citarum diwilayah Sektor 6 .(28/09/2018)

Menko Maritim RI Luhut Binsar Panjaitan ,dan Kepala BNPB Doni Monardo beserta Rombongan, setelah mengintari sungai Oxbow dengan mengunakan katamaran, tibanya di jembatan Biru langsung di sambut dengan nyanyian Peduli Sungai Citarum Harum dan jangan buang sampah ke sungai oleh grup (alimsadarband) aktivis seniman peduli lingkungan. Menko Maritim dan Kepala BNPB Doni Monardo pun bertepuk tangan, nampak terhibur  dengan nyanyian dan musik tentang lingkungan. Selain itu rombongan pun sempat menikmati kelapa muda sajian warga sekitar.

Menko Maritim RI menyampaikan “Sekarang ini sudah 16 bulan. Sekarang bagaimana progresnya, sudah bagaimana. dulu kan beda nih dulu setahun sebelum kita datang sangat parah sekarang kan sudah lumayan,” sampainya

Lebih lanjut Kepada insan media LBP mengucapkan , “Terima kasih banget-banget kepada teman-teman TNI, teman-teman LSM, juga Pemda Pak Bupati yang sudah bekerja keras. Ada juga masyarakat yang sudah menghibahkan tanahnya 5000 meter untuk pembuatan taman sehingga nanti dibangunkan.

Dan beberapa waktu lalu juga Satgas Citarum Harum Sektor 6 menebar bakteri MR-08 sebagai penjernih air di Oxbow Sungai Citarum Lama. Hal itu dilakukan untuk menghilangkan bahan kimia yang ada di aliran sungai tersebut.

“(Air) masih lumayan, ikan sudah mulai tumbuh walaupun belum memenuhi standar semua, tapi banyak sekali perubahan. Saya belum tahu berapa persen, tapi kalau anda lihat yang disini (Oxbow) saya lihat sudah 60 persen. Tapi kualitas air masih jauh,” papar Luhut Binsar Panjaitan

Di samping itu kesadaran masyarakat untuk membuang sampah dengan baik juga sudah semakin baik. Meski begitu menurut Luhut perjalanan normalisasi Sungai Citarum ini masih panjang, tapi paling tidak sudah dimulai.

Masih kata Luhut Binsar Panjaitan ” Saat ini evaluasi sudah 16 bulan, dulukan progresnya sempat pesimis, sekarang terlihat hasilnya setelah 1 tahun. Sebelumnya cukup buruk, saat ini sudah ada perubahan, bisa di lihat kita juga kedatangan rekan kita dari Jerman ” Katanya.

”Terima kasih juga kepada TNI dan Bupati dan elemen lain, ada musik yang menjadi edukasi juga dengan tema untuk rakyat mengingat jangan buang sampah sembarangan, itu cukup bagus dan di sektor VI bisa kita lihat perubahannya, cukup baik ”pungkas Luhut Binsar Panjaitan

Sementara itu Bupati kabupaten Bandung Dadang M Naser saat di tanya ” Jelas saya akan dukung Citarum ini, apa yang bisa saya lakukan dan kerjakan demi kebaikan citarum, mari kita sama – sama merubah citarum ke depan lebih baik ” ucapnya (*)

Komentar

News Feed