oleh

Sungai Cisuminta Kembali Di Cor Satgas Citarum Sektor 7

Bandung, Prabunews.com – Saluran Pembuangan Limbah di sungai cisuminta dengan tegas setelah sebelumnya Dansektor 7 Kolonel Kav Purwadi beserta jajaran melakukan penelusuran dari hulu sungai cisuminta lalu berakhir di anak sungai Cisuminta Jalan Cisirung Desa Pasawahan Kec Dayeuhkolot, hari ini Kamis (5/09), diduga lebih ada 20 saluran pembuangan limbah dengan berbagai ukuran kesungai cisuminta Di Cor oleh satgas Citarum Harum.

Pengecoran saluran limbah pabrik, ini berawal dasar laporan dari anggota satgas regu 1 Peleton 1 yang setiap malam patroli lalu menemukan aliran limbah hitam, berbau dan sangat pekat.

Giat pengecoran ini satgas sektor 7 yang dibantu oleh relawan dan mahasiswa KKN Tematik UNIBBA, serta mempersiapkan khusus 8 orang penyelam.

Dan kegiatan ini juga disaksikan oleh perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup kasi penegak hukum Roby Dewantara, Kapolsek Dayeuhkolot Kompol Sudrajat Serta Danramil Dayeuhkolot Kapten Inf Yevi Yuhana, Dansektor 7 dan Lurah Pasawahan, terlebih dahulu mengambil sampel air untuk dites PH nya.

” Sebelum dilakukan pengecoran, saya ambil cek dahulu dengan disaksikan aparat setempat, PH nya 11 dan air dalam kondisi hangat,” Ujar Kolonel Kav Purwadi yang didampingi Danki sektor Kapten Czi Nurkhamal dilokasi pengecoran.

” Air anak sungai Cisuminta ini lumayan besar, jadi sebelum dilakukan pengecoran, kami lakukan penyedotan karena air nya deras dan lubang yang akan di cor berada di bawah permukaan air, dengan lebar anak sungai 4 meter dan kedalaman 3 meter.” Ungkap Dansektor 7.

Lebih lanjut Dansektor 7 Kolonel Kav Purwadi, mengatakan pengecoran yang dilakukan hari ini bukan tanpa alasan karena Satgas setiap malam selalu melakukan patroli di setiap anak sungai, dan beberapa kali ditemukan air limbah mengalir hitam pada jam rawan, yaitu antara jam 11 sampai subuh”.

” Akhi nya kami melaporkan pada komando atas, melalui Kasdam, ke Pangdam III Siliwangi untuk segera dilakukan penutupan di anak sungai Cisuminta,” Lanjutnya Kol Kav Purwadi

Masih kata Kolonel Kav Purwadi ” diduga ada lebih dari 11 saluran pembuangan pabrik yang hari ini di cor, padahal tahun lalu tempat ini juga pernah kami cor, tapi itulah kebiasaan lama, selalu mencuri waktu untuk membuang limbahnya.”

Pengecoran anak sungai Cisuminta, menggunakan 3 truk batu, 1000 karung, 4 seng, 2 truk pasir dan 1 mobil Redmix kapasitas 5 M3,” Pungkas Dansektor 7.

(Way)

Komentar

News Feed