oleh

“ BIKER GO GREEN “ Jambore Nasional Honda Club Indonesia 2019 – Kota Terasi

Cirebon, Prabunews.com-Memiliki sepeda motor lawas memang mempunyai keasyikan tersendiri, disamping tidak diproduksi lagi ternyata dalam mengendarai sepeda motor tua bagi penggemarnya punya kepuasan yang sangat luar biasa.Itulah yang dirasakan dan tergambarkan dari para sosok Bikers berkelas selinder yang ditakdirkan pabrikannya kecil, khususnya para fanatic pengagum Honda Super Cub C50, C70, dan C90.Motor ini untuk daerah jawa barat terkenal dengan nama motor Bebek, sementara di daerah lain kendaraan jenis ini ada yang menyebutnya dengan istilah jangkrik ( Lampung ), Kuntul ( Surabaya ) dan sebutan lainnya.

Pada Sabtu-Minggu ini tepatnya 14-15 September 2019 diadakan gelaran silaturahmi para biker jenis ini yang diadakan di Resort Prima Sangkanhurip Cirebon.Kegiatan yang dikemas dengan label Jambore Nasional Honda Club Indonesia digawangi oleh Club Bebek Wong Cirebon ( BWC ).Kegiatan ini menjadi salah satu agenda rutin dari Honda Club Indonesia.

Aneka ragam jenis kegiatan dilaksanakan dalam mengisi Jamnas ini dimulai dari Kilas Balik HCI, Kontes Motor, Hiburan, Door Prize sampai Klitikan aneka sparepart lawas, cinderamata dan produk konveksi.Puncak acara Jamnas ini sendiri dilaksanakan pada hari Minggu setelah para biker melakukan Rolling Thunder keliling Kota Cirebon.
Kegiatan Jambore Nasional Honda Club Indonesia ini dihadiri para biker dari seluruh Indonesia, diantaranya dari Jawa Barat, Jakarta, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur dan yang terjauh dari Bali.Sementara jumlah peserta Jamnas yang hadir diperkirakan mencapai 1000 biker.
Tujuan utama dari kegiatan Jamnas ini adalah membangun tali silaturahmi sesame penggemar motor lawas dan menjadikan bagian dari arena sharing tentang hal apapun yang berorientasi pada kebaikan seperti yang disampaikan oleh Kang Yana sebagai Sesepuh HCI. “ kita berharap dengan adanya Jamnas HCI ini tali silaturahmi menjadikan rasa nasionalisme sebagai sebuah bangsa terbangun dengan baik walaupun berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda namun bisa dipersatukan dengan motor heubeul.”.

Sementara Ketua BWC Mas Yudish mengatakan bahwa kegiatan Jamnas HCI yang dilaksanakan di Cirebon dapat menjadi media promosi wisata belanja,kuliner dan religi mengingat kota Cirebon memiliki asset yang berhubungan dengan hali tersebut.
Dari semua agenda kegiatan yang dilaksanakan, ada satu kegiatan yang membuat Jamnas ini berbeda dengan kegiatan sebelumnya, yaitu hadirnya gerakan kepedulian lingkungan yang dipelopori oleh para anggota Club Barudak Bebek Bandung ( B3 ) dan juga bebeker sekaligus aktivis dari LSM Peduli Lingkungan Jawa Barat ( PELIJA ).Seperti yang disampaikan oleh Sidiq selaku Ketua B3 bahwa sosialisasidan edukasi gerakan kepedulian terhadap lingkungan yang dilaksanakan memang secara sengaja dilakukan.Hal ini diupayakan sebagai sebuah bentuk kepedulian dari kita, yang secara nyata bahwa masalah lingkungan bukan hanya menjadi milik aktivis lingkungn saja tetapi menjadi milik semua manusia penduduk bumi tidak terkecuali para penunggang kuda besi.

“ Semoga dengan adanya sosialisasi lingkungan para biker, terbangun tingkat kesadarannya terhadap lingkungan dimulai dari hal yang kecil, tidak buang sampah sembarangan, mengelola sampah dan belajar mulai menggunakan tumbler ! “ ungkap Sidiq.

Sementara menurut Rahmat sebagai aktivis lingkungan mengatakan bahwa kegiatan ini termasuk program dan agenda yang biasa dilakukan oleh Peduli Lingkungan Jabar ( PELIJA ) sebagai bagian dari kontribusi positif keberadaan organisasi, karena setiap perubahan terutama yang berhubungan dengan kepedulian terhadap lingkungan memang kita harus mau melakukan belusukan dan bersinergi dengan siapapun termasuk di lingkungan para biker.
Kita semua berharap agar setiap kegiatan apapun, issue lingkungan menjadi sebuah agenda yang bias diselipkan di rundown acara.Mengingat permasalahan lingkungan akhir-akhir ini menjadi perhatian yang serius dari semua penduduk planet biru ini.

“ Dengan Hobi yang sama Kita Bersaudara “

Penulis : Kang Amat

Komentar

News Feed