oleh

Unpad Tourism Day 2019 Mengusung Tema “Think Globally, Act Locally”

Bandung, Prabunews.com– 26 September 2019 lalu, di Bale Rumawat Kampus Unpad Dipati Ukur, Universitas Padjadjaran melalui Program Studi Magister Pariwisata Berkelanjuan, Sekolah Pascasarjana telah menyelenggarakan event Unpad Tourism Day 2019. Di mana event tersebut merupakan media atau forum untuk sharing knowledge antar stakeholder kepariwisataan yang dibalut dengan konsep talk show interaktif. Event yang bertajuk Unpad Tourism Day 2019 tersebut mengusung tema “Think Globally, Act Locally”, yang memiliki makna, bahwa sudah semestinya ilmu, tenaga, dan pemikiran kritis yang kita punya, harus memiliki kebermanfaatan minimal terhadap lingkungan sekitar di mana kita tinggal.

Event ini juga menjadi bentuk simbolis Unpad untuk turut memeriahkan World Tourism Day yang jatuh pada ke esokan harinya (27 September) dengan menyelenggarakan kompetisi pariwisata seperti Tourism Photograpy, Tourism Video dan juga Tourism Branding Poster yang pengumuman pemenangnya dilaksanakan pada saat event ini berlngsung. Ketua Prodi Magister Pariwisata Berkelanjutan, Ibu Dr. Evi Novianti, M.Si menegaskan bahwa “event ini akan menjadi ajang tahunan atau annual event yang akan diselenggarakan Prodi Magister Pariwisata Berkelanjutan Unpad sebagai bentuk bahwa Unpad turut berkomitmen dalam memberikan kontribusi terhadap perkembangan industri pariwisata di Indonesia, tentunya dengan paradigma pembangunan yang berkelanjutan”.

Event ini berkolaborasi dengan Tour n Travel “Jasa Wisata Mandiri”, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat, dan juga beberapa stakeholder lainnya. Event ini dibuka oleh Kaprodi Magister Pariwisata Berkelanjutan, Wakil Dekan Sekolah Pascasarjana Unpad, perwakilan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat, dan ditutup dengan sesi pembagian doorprize berupa tiket pesawat gratis dari Jasa Wisata Mandiri dan juga special perform oleh Karinding Buhun Garut. Adapun pembicara utama pada sesi talk show pertama dalam event ini yaitu: Dr. Ir. Yun Yunus Kusumahbrata, M.Sc (Tim Percepatan Geopark, Kemenpar RI), Prof. Dr. Dadang Suganda, M.Hum (Dosen Pengajar Unpad) dengan tema “Tantangan dan Perkembangan Pariwisata Berkelanjutan di Era 4.0”.

Kemudian sesi talk show kedua dengan pembicara: Tatan Pria Sudjana (Ketua Kadin Jabar), Dr. Achmad Sjarmidi (SATGAS Citarum Harum), dan juga Rahmat Leuweung (DPKLTS) mengusung tema “Upaya Menjaga Kelestarian Lingkungan Citarum”.

Event ini dihadiri oleh ± 150 peserta yang didominasi oleh akademisi dari Bandung Raya. Beberapa diantaranya juga berasal dari Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Bandung Raya, Himpunan Mahasiswa Pariwisata Indonesia (HMPI) DPW II, beberapa Asosiasi Travel, beberapa komunitas penggiat Citarum, dan juga Akademisi Pariwisata dari beberapa Universitas di Bandung Raya. Pada kesempatan ini juga, Prodi Magister Pariwisata Berkelanjutan me-launching Buku yang berjudul “Pariwisata Berkelanjutan Edisi Hari Air” dan juga “Potensi Pariwisata Jawa Barat”, dengan harapan ke depan dapat me-launching kembali buku dengan kolaborasi antar best practice (komunitas), industri dan juga akademisi.

Ketua Pelaksana event Unpad Tourism Day 2019, Sdr. Eka Susanto, S.ST.Par menambahkan bahwa, event ini ke depan akan direncanakan untuk merumuskan “Unpad Tourism Forum” di mana nantinya forum tersebut akan menjadi wadah bagi insan pariwisata, khususnya akademisi pariwisata di Bandung Raya untuk menjalin networking dalam mendorong perguruan tinggi di Bandung Raya yang memiliki Prodi Pariwisata, untuk dapat berpartisipasi aktif dalam pengembangan pariwisata, minimal di wilayah terdekat kita, seperti konsep awal yang kita usung yaitu “Think Globally, Act Locally”. (*)

Komentar

News Feed