oleh

BERSOLEKNYA SEKOLAH KOTA BANDUNG MELALUI BANTUAN SARANA PRASARANA TAHUN 2019

Bandung, Prabunews.com-Keberadaan fasilitas sarana sekolah merupakan satu bagian yang tidak terpisahkan dalam menjemput moment kwalitas keberhasilan pendidikan.Sarana yang memadai tentunya akan membawa dampak positif bagi pelaksanaan proses belajar mengajar.Di era yang serba cepat keberadaan sarana yang sesuai dengan tuntutan zaman tentunya merupakan sebuah keharusan yang tidak bisa dikesampingkan lagi.

Hal itulah yang selama ini distandarisasi dan diupayakan oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung, khususnya melalui kabid PPSMP sebagai kuasa Pengguna anggaran ( KPA ).Memahami akan kebutuhan dan tuntutan nyata di lapangan ( sekolah ) maka usulan pengembangan kebutuhan sarana penunjang bermuara dari para pemegang kebijakan di sekolah masing-masing, dalam hal ini Kepala Sekolah.

Komitmen itu terlihat jelas pada saat Acara kegiatan Persiapan Distribusi Bantuan Sarana Pendidikan Bidang PPSMP 2019 yang dilaksanakan Jumat 9 25/10 ) di Hotel Amaroossa Bandung.

Kabid PPSMP Disdik Kota Bandung, Hadiana S, mengatakan bahwa kata kunci dari pendistribusian barang yang akan diserahkan ke pengguna dalam hal ini sekolah adalah Kejujuran, sehingga apapun kondisi nyata yang ada di sekolah masing-masing sesuai dengan yang di upload sekolah melalui Dapodik, karena mungkin pada kondisi tertentu dan pada situasi tertentu terkadang hadir usaha untuk memaksimalkan data sesuai kebutuhan berdasarkan situasional, contoh pada saat penilaian akreditasi sekolah.

Kasi Sarana Prasarana Bidang PPSMP, Yanuar Teguh Epsa, pada kesempatan yang sama menyatakan bahwa, ada sebelas item bantuan yang bisa diserap/diterima oleh pihak sekolah, diantaranya Alat penunjang pemindai akademik, Alat penunjang papan informasi, Alat penunjang pelajaran pendidikan agama, Sarana penunjang pelajaran IPA, Sarana penunjang pelajaran sejarah, Sarana pendukung perpustakaan digital, Sarana penunjang pembelajaran 3D, Sarana penunjang pembelajaran Bahasa Inggris, Sarana penunjang pembelajaran IPA-IPS, Alat penunjang Command Centre ( PPID ) dan Alat penunjang UKS.

Dari ke sebelas item bantuan tersebut setiap sekolah diharapkan mengajukan proposal permohonan bantuan yang sesuai kebutuhan dilapangan.”Jangan sampai sekolah mengajukan proposal permohonan bantuan namun secara daya dukung sekolah kurang siap menerimanya,” ungkap Yanuar


“ Jangan sampai sekolah mengajukan permohonan alat penunjang UKS, sementara di sekolahnya tidak ada ruang UKS !” lanjut Yanuar.

Kabid PPSMP menyatakan bahwa apapun bantuan sarana yang diterima oleh sekolah tentunya harus dapat dimanfaatkan untuk lebih menunjang proses pembelajaran sehingga bantuan tersebut memiliki impact positip terutama dalam meningkatkan kwalitas mutu pendidikan!
Acara pada pagi itu dihadiri oleh semua Kepala Sekolah SMP Negeri yang ada di kota Bandung.Pada kesempatan yang sama hampir sebagian kepala sekolah menyampaikan keluhan dan permohonannya secara lisan dan mendapatkan tanggapan yang baik dari Kasi Sapra Disdik Kota Bandung.
Kita hanya berharap bahwa apapun bantuan sapra yang disalurkan kepada pihak sekolah menjadi bagian yang indah dalam menghadirkan para peserta didik yang siap menghadapi perubahan zamannya. ( Kang Amat )

Komentar

News Feed