oleh

KAMPANYE NILAI-NILAI SEJARAH DAN GERAKAN ECO TRANSPORT MELALUI SEPEDA TUA ALA KANG YADI KARUNG

Bandung, Prabunews.com – Bagi sebagian orang sepeda tua hanya diartikan sebagai moda transportasi yang biasa digunakan di jalan datar dengan trek jarak tempuh yang tidak begitu jauh.Namun hal ini tentu sangat berbeda dengan apa yang dilakuan oleh Kang Achyadi Yadi atau yang biasa disapa Yadi Karung .

Karena baginya sepeda tua ( onthel ) merupakan alat transportasi harian yang biasa menemaninya untuk menempuh perjalanan yang bukan hanya pendek sebatas putar-putar kota namun dipakai juga untuk menempuh melintasi kota, provinsi bahkan lintas pulau dan negara.

Sepeda tua lansiran 1953 akan menemani perjalanan Bandung menuju Surabaya.Perjalanan sepanjang 760 km ditempuh seorang diri dengan segala perlengkapan yang sangat apa adanya.

“Perjalanan ini bukanlah perjalanan jarak jauh pertama yang saya lakukan, sebelumnya saya pernah melakukan touring ke beberapa kota di Jabar, Jateng, jatim bahkan lintas Negara”, ungkap Yadi.

Perjlanan yang pernah dilakukan diantaranya rute Bandung-Bali (2008), Anyer-Panarukan (2009), Bandung-Bali-Lombok PP (2010), Bandung-Malaka Malaysia (2011), Bandung-Pangandaran event HDCI (2015), Bandung-Cilegon (2017) dan kegiatan touring sekarang bukanlah merupakan yang pertama karena sebelumnya pernah melakukan perjalanan ke kota yang sama (Surabaya) pada tahun 2013, lanjut Yadi.

Kegiatan touring Bandung-Surabaya, pada tahun ini sangatlah memiliki pesan khusus dengan kemasan “Mengenang Perjuangan di Kota Para Pejuang”, Kang Yadi berharap ada nilai-nilai history dari semangat para pejuang yang dapat diteladani oleh generasi muda.

Perjalanan Kang Yadi menuju Kota Pahlawan Surabaya dilepas di Monumen BLA Tegalega dengan acara yang sederhana oleh beberapa anggota masyarakat diantaranya dari kelompok Seniman Rumah Seni Ropih Braga 43, Alumni SMPN 10 Bandung, Pegiat literasi dan penulis serta beberapa aktivis lingkungan Peduli Lingkungan Jabar (PELIJA).

Kita tentunya sangat berharap lkegiatan kampanye positif ini mendapatkan perhatian serius dari pihak-pihak yang terkait.

Selamat Memutarkan pedal kang, Selamat sampai tujuan.

( Kang Amat )

Komentar

News Feed