oleh

MUGABA BANURAJA, Persembahan untuk Generasi Milenial

Bandung, prabunews.com – Kecintaan seseorang terhadap tempat kelahirnya, sering kita saksikan hadir dalam bentuk yang beragam. Ada yang mengembangkan wilayahnya menjadi kampong budaya. Mengembangkan ekonomi kreatif warga di wilayah tersebut dan banyak lagi bentuk yang lain.

Museum Galeri Bahari (MUGABA) Banuraja. Bangunan yang terletak di Desa Pangauban, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat .

Begitu juga dengan yang dilakukan oleh mantan KASAL Laksamana Ade Supandi. Sebagai bagian dari kecintaan terhadap tanah kelahirannya. Beliau mau bersusah payah untuk membangun sebuah Museum Galeri Bahari (MUGABA) Banuraja. Bangunan yang terletak di Desa Pangauban, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat yang berdampingan dengan sungai Citarum yang diresmikan pada 1 September tahun 2019.

Museum itu sendiri terdiri atas beberapa dek. Dek 1 (satu)  berisi tentang informasi ke – Bahari – an dan informasi kerajaan Sunda. Seperti yang terlihat pada dek 2 (dua), dimana para pengunjung bisa memperoleh wawasan tentang berbagai macam koleksi buku dari berbagai disiplin ilmu. Begitupun pada dek 3 (tiga)  informasi seputar simulator KRI yang memiliki karateristik manauver yang sama dengan kapal sesungguhnya bisa diperoleh pengunjung dengan jelas dan lengkap.

Museum Galeri Bahari (MUGABA) Banuraja. Bangunan yang terletak di Desa Pangauban, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat .

Penggagas museum, Ade Supandi mengatakan bahwa museum ini merupakan persembahan terindah bagi ibu pertiwi, terutama bagi para generasi penerus. Dengan adanya museum ini diharapkan masyarakat luas mendapatkan informasi tentang potensi, kekayaan alam bahari Indonesia dengan dukungan pemerintah dalam mengembangkan dan mempertahankan anugerah tersebut serta mencintai budayanya sendiri

Berdiri kokoh dengan sentuhan desain arsitektur menyerupai kapal layar yang berada di pinggir sungai Citarum, tentunya menjadi daya Tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Alhasil dengan mengunjungi MUGABA, para pengunjung terutama para pelajar yang merupakan generasi milenial bisa memperoleh wawasan ke – Bahari – an, Ke – Sunda – an sekaligus bisa menikmati keindahan alam.

Jangan lupa selfie atau wefie karena tempatnya memang sangat instagramable.

(Kang Amat)

Komentar

News Feed