oleh

BANDUNG MENANAM Gebyar Gerakan Menanam Serentak di 30 Kecamatan Kota Bandung

Bandung, Prabunews.com – Kota Bandung meluncurkan lagi satu program yang berorientasi pada penataan ruang publik yang hijau.Setelah rutin progam Pelajar Menanam yang berfokus di Wet Land Cisurupan melalui kerja kolaborasi yang diinisiasi Dinas Pekerjaan Umum, sekarang gerakan itu berlanjut.

Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Pangan dan Pertanian ( Dispangtan ) meluncurkan program baru tersebut dengan tema besar “ Bandung Menanam “.Gerakan kepedulian dan sadar lingkungan itu akan diselenggarakan secara serempak di 30 kecamatan pada hari Kamis (21/11) betepatan dengan Peringatan Hari Pohon Se-dunia.

Ada 15.000 pohon yang terdiri dari tanaman produktif 2.950 pohon, tanaman tembakau sebanyak 4.000 pohon, tanaman kopi 6.000 pohon, tanaman keras 300 pohon, bibit cabe dan cengek 1.500 pohon serta rumput vetiver sebanyak 250.

Kegiatan Bandung Menanam ini dipusatkan di pinggir kolam retensi Kelurahan Rancabolang, kecamatan Gedebage.Di lokasi tersebut sendiri akan ditanam ratusan pohon produktif, berupa pohon manga, lengkeng, jambu air, rumput vetiver dan ratusan tanaman keras.Kegiatan yang rencananya akan dihadiri oleh Walikota Bandung, Mang Oded melibatkan banyak komponen SKPD dan unsur masyarakat.Selain Gerakan Menanam, dilaksanakan juga Restoking ikan dan Launching pembagian anak ayam kepada pelajar SD dan SMP tepatnya di Kecamatan Cibiru dan Kecamatan Gedebage.

Gebyar Gerakan Bandung Menanam Jilid 1 yang dilaksanakan serempak di semua kecamatan yang ada di Kota Bandung didampingi oleh petugas dari Dispangtan, penyuluh, komunitas dan mahasiswa.Gerakan Bandung menanam ini akan dilaksanakan selama satu tahun
Pada saat gerakan ini dilaksanakan, akan dilakukan pula penandatanganan komitmen bersama antara Bapak Walikota Bandung dengan seluruh Camat Se-kota Bandung, pelaku usaha, perwakilan tokoh masyarakat untuk bersama memelihara pohon yang ditanam.

 

Ada terobosan yang menarik dari kegitan gerakan menanam kali ini, seperti yang diungkapkan oleh Kadispangtan Kota Bandung Gin Gin Ginanjar bahwa setelah gerakan menanam dilaksanakan akan dilakukan monitoring dan evaluasi untuk melihat keberhasilan penanaman pohon tersebut.Artinya manakala setiap kecamatan melakukan penanaman pohon yang telah diberikan, secara tidak langsung akan terpantau perkembangan dari awal upaya menanam, perawatan sampai tanaman itu besar sesuai yamg diharapkan, lanjut Gin Gin.

Selain itu Dispangtan Kota Bandung mengharuskan setiap kecamatan untuk memposting foto terbaiknya melalui medsos Instagram.Hal ini untuk mendorong partisipasi public mengapresiasi setiap kegiatan positif yang dilaksanakan.
Kita berharap semoga semakin banyak warga yang mencintai kota ini, yang tidak hanya pandai menanam tetapi rajin pula merawatnya dan serta tidak membuang sampah sembarangan.Bandung menuju kota yang nyaman. ( Kang Amat )

Komentar

News Feed