oleh

Bawaslu Jabar Siap Pilkada Serentak 2020

Bandung, Prabunews.com – Badan Pengawas Pemilihan umum  Provinsi Jawa Barat  , menyelenggarakan  Launching Pengawasan Pilkada Serentak Tahun 2020 , sebagai Simbol  Bawaslu yang  punya  peran penting dalam mensukseskan pilkada 2020 di Jabar , dihadiri para  Pejabat Tinggi TNI dan Polri  serta  Delapan Bawaslu kota dan Kabupaten yang terlibat dalam Pilkada Serentak 2020 mendatang di jawa barat , hadir dari DRRD Provinsi Jawa Barat  yang diwakili oleh Ketua komisi 1 ,Yosa Octora , Kajati jabar yang di wakilkan pada Aspidum , Kapolda Jabar yang diwakilkan . Pangdam III Siliwangi yang diwakilkan , serta Gubernur jawa barat  , H.M. Ridwan Kamil dan  aparatur pemerintah jabar   Launching dilaksanakan di Trans Studio , Jalan Gatot subroto Bandung.  ( 20 / 11 / 2019 ) .

Disampaikan oleh ketua Bawaslu Provinsi Jawa Barat   yaitu Abdullah “Pilkada serempak ini menjadi Momentum besar dalam  kontek Demokrasi Rakyat karena rakyat langsung memilih sendiri  , walaupun biasanya  ada beberapa persoalan dalam proses pilkada , terutama adanya Transisional ,  Politik uang, Netralitas ASN ,  Pelanggaran yang dilakukan oleh peserta Pemilu  yang pada Substansinya mencederai integritas serta kwalitas  pilkada , bahkan untuk yang tidak terdaptar di DPT ini kewajiban Bawaslu menyelesaikan” . Tegas Abdullah .

Walaupun  Bawaslu sudah siap dalam empat hal , siap mengawasi selama tahapan Pilkada  , siap mencegah , siap dalam hal penindakan serta siap kaitan administrasi sebagai lembaga. Melalui  Launching ini  pertanda Bawaslu siap melakukan fungsi pengawasan dan akan memberikan ruang pada Masyarakat yang akan mengawal disiapkan ruang Partisipasi dalam bentuk saluran aspirasi masyarakat.

Sambutan Gubernur Jawa Barat H. M . Ridwan Kamil , sangat mengapresiasi  Pilkada Serempak dijabar , ungkapnya.  Hanya harapan RK  di Pilkada Serempak 2020 nanti tidak terulang lagi musibah seperti di Pemilu  tahun 2019 . Terbanyak korban dari jawa barat hampir 200 jiwa petugas pemilu yang kelelahan , memang dinegara kita Demokrasi masih muda ,demokrasi belum matang peraturan tiap lima tahun diubah ubah , akibat keputusan sekelompok manusia jadi banyak korban ,  kata Ridwan kamil .mudah mudahan di Pilkada nanti para petugas diberi waktu untuk istirahat. namun  untuk keamanan Alhamdulilah jabar cukup aman  terkendali , serta partisipasi masyarakat tinggi ,  kata Ridwan Kamil.

Dari Sambutan TNI dan Polri dalam Launching Pengawasan  Pilkada di delapan kota dan kabupaten  dijabar ini , hampir senada tepatnya Kabupaten Bandung, Tasikmalaya, Ciamis , Pangandaran, Indramayu , Sukabumi  , Cianjur dan kota Depok. aparat TNI akan siap melaksanakannya  Undang undang  TNI no 32 Tahun 2004 , tentang bantuan pada POLRI melaksanakan pengamanan Pilkada.  Juga Polri dan kejaksaan  akan mendukung Pilkada Serentak 2020 , karena Pilkada bukan sekedar ajang Ceremonial Politik tapi menjadi subyek dalam pengawasan , sebagaimana upaya yang akan dilakukan Bawaslu dalam penguatan internal melalui launching ini sebagai informasi pada Stake holder dan masyarakat atas kesiapan Bawaslu untuk Pilkada 2020 nanti .

( FRD).

Komentar

News Feed