oleh

HARI PERINGATAN KORBAN KECELAKAAN SEDUNIA DILAKSANAKAN MERIAH DI KOTA BANDUNG

Bandung, Prabunews.com – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Perhubungan pada hari ini, Minggu (24/11), menyelenggarkan puncak Hari Peringatan Sedunia Untuk Korban Kecelakaan Lalu Lintas. Acara puncak ini dilaksanakan di Area Car Free Day Dago.Acara ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan, dimana sebelumnya juga dalam moment yang sama dilaksanakan Seminar Keselamatan Berlalu-lintas dengan melibatkan banyak nara sumber, baik itu dari Dinas Perhubungan, Pakar Transporasi, Kepolisian, Bapelitbang Dinas Kesehatan serta dari korban kecelakaan itu sendiri.

Sementara peserta seminar selain peserta didik dari beberapa sekolah yang selama ini tergabung dalam gerakan kampanye keselamatan berlalu-lintas, para pendidik serta para relawan dan pegiat transportasi.

Pada kesempatan Hari Peringatan Sedunia Untuk Korban Kecelakaan Lalu Lintas, Kadishub Kota Bandung E.M Ricky Gustiadi, dalam sambutannya mengatakan, Bahwa kegiatan ini dilakukan selain mengkampanyekan gerakan sadar dan taat terhadap aturan lalu lintas juga sebagai bagian dari sosialisasi dan edukasi tentang pentignya kita memiliki wawasan yang berhubugan dengan kecelakaan termasuk upaya membantu korban kecelakaan.

Korban kecelakaan sendiri berdasarkan data infografis kelamatan jalan Kota Bandung dari 2016-2018 menunjukan usia 15-24 tahun sebagai kelompok masyarakat yang menjadi korban kecelakaan paling tinggi, artinya rata-rata korban berada di usia produktif. Sementara 1 dari 4 korban kecelakaan meninggal akibat kecalakaan adalah pelajar, sehingga sasaran yang perlu dijangkau dari rangkaian acara ini diantaranya adalah para peserta didik dari berbagai sekolah, lanjut Ricky Gustiadi.

Mu’min M, S.Pd guru SMPN 39 mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan ini dirinya berharap akan semakin banyak sekolah yang mendapatkan edukasi dan sosialisasi tentang keselamatan berlalu lintas, mengingat para peserta didik hampir setiap hari bersentuhan dengan konsekuensi dan resiko sebagai penguna jalan raya,baik itu berjalan kaki, bersepeda ataupun menggunakan kendaraan bermotor.


Pada puncak Hari Peringatan Sedunia Untuk Korban Kecelakaan Berlalu Lintas, selain acara edukasi dan sosialisasi, hiburan juga diberikannya Piagam Penghargaan bagi Institusi Pendidikandalam hal ini sekolahyang selama ini rutin engkampanyekan Gerakan KeselamatanBerlalu Lintas.piagamitu dibrikan kepada SMPN 14 Bandung, SMPN 16, SMPN 21, SMPN 22, SMPN 34, SMPN 39, SMPN 55, SMPN 42, SMP BPK PENABUR Holis, SMP Santo Yusuf dan SMP Muhammadiyah Antapani.

Kita sangat berharap agar kegiatan ini menjadi bagian yang sangat penting bagi para penguna jalan raya untuk semakin mencintai dirinya dan orang lain dengan senantiasa taat terhadap aturan lalu lintas yang ada.Bukankah aturan itu hadir untuk kenyamanan dan keselamatan kita ?

( Kang Amat )

Komentar

News Feed