oleh

Memaknai Peringatan Hari Guru Nasional 2019, GURU HARUS MENJADI PRIBADI YANG MERDEKA

Bandung,prabunews.com -Bagi keluarga Civitas Akademika, ada hal yang sangat berbeda dengan hadirnya tanggal 25 November, karena pada tanggal ini dimana di setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Guru Nasional.

Sesuai dengan kenyataan yang dimaklumi oleh semua pihak, bahwa percepatan dunia teknologi dan informasi telah menimbulkan tantangan baru bagi semua pendidik.Tantangan itu merupakan sebuah ruang bagi para pendidik untuk terus menghadirkan warna tata kelola sistem mendidik yang sangat relevan dengan kebutuhan peserta didik di zamannya.


Harus diyakini bahwa guru merupakan bagian dari elemen profesi yang memiliki peranan strategis dalam menghadirkan para figur generasi pewaris bangsa yang siap menghadapi persaingan global yang semakin kompetitif.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bandung, Drs. Cucu Saputra, M.M.Pd, mengatakan bahwa Hari Guru adalah hari yang sangat spesial, karena hari ini memiliki makna yang tersendiri bagi dirinya sebagai seorang guru termasuk bagi institusi pendidikan dan umumnya bagi semua guru.Ada marwah keprofesian yang ditambatkan dalam hadirnya Hari Guru setiap tahunnya, lanjut Cucu Saputra.


Pada saat ditanya tentang target program prioritas yang ingin dicapai oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung dalam meningkatkan kwalitas pendidikan, Sekdisdik mengatakan ada empat program yang bermuara bagi peningkatan kwalitas tersebut, diantaranya Meningkatkan infrastruktur sarana dan prasarana pendidikan, Bermutunya proses kegiatan mengajar dengan implementasi dan inovasi kurikulum serta peningkatan nilai-nilai pendidikan karakter, Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan melalui pelatihan, seminar dan workshop, serta meningkatkan tata kelola pendidikan. Dengan peningkatan ke-empat target program tersebut diharapkan pendidikan di Kota Bandung akan semakin bermutu dan tentunya ini menjadi harapan semua warga kota Bandung sebagai pihak penerima pelayanan pendidikan, ungkapnya.

Di moment Hari Guru ini, Sekdisdik Kota Bandung mengajak semua PTK untuk memaknai kembali jati diri sebagai seorang guru yang menjungjung tinggi marwah ke-profesian dan keteladanan, meningkatkan kafasitas diri sebagai seorang guru yang memiliki otoritas akademi, menghadirkan keluhuran mendidik serta menjadi pribadi yang senantiasa tidak menunggu perintah.
Tindakan apapun yang terbaik dalam melakukan tata kelola pendidikan sudah seharusnya dilakukan tanpa harus menunggu perintah.Menjadikan pribadi sebagai guru yang berkreasi dan berekspresi untuk menghadirkan segala cita-cita mulia pendidikan itu sendiri. Jadilah Guru yang Merdeka ungkap Cucu Saputra.
Semoga Peingatan Hari Guru bukan hanya seremoni yang dilakukan dengan berbagai kegiatan namun menjadi energi untuk senantiasa becermin tentang hal-hal terindah yang ingin diukir dan menjadi prasasti mulia bagi negeri.

( Kang Amat )

Komentar

News Feed