oleh

Kehormatan Bagi Jabar, Sebagai Tuan Rumah Hari HAM Sedunia Ke -71

Bandung , Prabunews.com – Suatu kehormatan bagi Pemerintah Provinsi Jawa Barat  menjadi  ” Tuan Rumah ” Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke – 71 , dipusatkan di Gedung Merdeka Bandung. Di hadiri oleh  Menkopolhukam , Prop .DR . Muhammad Mahfud Md.  S.H. S.U , M.I.P.  dan  Yasona Laoli , S.H. M.Sc.  P.hd. Menurut Gubernur jawa barat  situasi ini mengingatkan kembali  ke tahun  1951 saat dilaksanakannya  konprensi Asia Afrika , di gedung ini duduk para pemimpin terdahulu. Dan alhamdulilah penguatan lewat generasi terwujud  lewat Dasa Sila Bandung yang berjuang melepas dari kolonial .kami sangat mengapresiasi Hari HAM ini sebagai amanat dari konstitusi  pembukaan UUD 1945. Ujar gubernur jabar di gedung merdeka Bandung, ( 10 /12/ 2019 ).


Lewat penyampaian Mahfud , Md. Peringatan HAM jangan dilihat dari penegakan Hukum Semata. Sejak era reformasi sudah banyak kemajuan , dalam perlindungan pembangunan HAM . Tegasnya. Politik sebagai penguatan Demokrasi , Kebebasan Pers , Kemandirian Partai politik, menguatnya DPR dan meluasnya kekuatan Civil Society  bisa ditunjukan sebagai bukti , sebelum  Reformasi Pengekangan terhadap HAM sangat Hogemonik tetapi sekarang sudah bebas , ujar Menkopolgukam RI.

Juga dipaparkan oleh Yasona laoli , dari tahun 1998 , Indonesia dinilai sebagai negara yang selalu konsisten dan Komitmen dalam melaksanakan HAM , mampu mencapai tingkat pelaporan oleh Kementerian/ Lembaga 98, 5 % , dan laporan pelaksanaan pemerintah daerah 88, 6 % . Harapan kedepan upaya ini dapat ditingkatkan , tanpa mengecualikan semua jenis layanan publik di Indonesia , yang telah menerapkan standar dan Perlindungan Hak Asasi Manusia , kata Yasona .

 

Acara diwarnai dengan Pemberian penghargaan pada 22   Gubernur di Indonesia yang Peduli pada Hak Asasi Manusia  , diantaranya  Gubernur  Bangka Belitung , Gubernur  DKI Jakarta , Gubernur Kepulauan Riau , Gubernur Jogyakarta, Gubernur Sumatra Barat  , Gubernur   Sumatra utara, Gubernur Riau , ,Gubernur Jambi , Dan Jawa Barat  . Gubernur Sumatra Selatan ,  Gubernur  Bengkulu, Gubernur Jawa Tengah, Gubernur Jawa Timur, Gubernur Banten , Gubernur Bali serta Gubernur Kalimantan Tengah , Kalimantan Selatan  ,Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara , Sulawesi Barat , Sulawesi Utara , terakhir Sulawesi Selatan.

(FRD)

Komentar

News Feed