oleh

Penanaman Jenis Bibit di KBU Disesuaikan Permintaan Masyarakat

Bandung , Prabunews.com – Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura   Provinsi jawa barat  , Ir . Hendi Jatnika di dampingi kepala Dinas Kehutanan Ir .Epi Kustiawan . M.P. dan Kepala dinas  ESDM  Ir . Bambang Tirtoyuliono . M.M . Mengupas  Program Pemulihan Kawasan di Bandung Utara Terkait lahan kritis luasnya 900, 000. Hektar dan 200 ribunya dalam kawasan termasuk Cagar Alam , Taman Nasional , Hutan Lindung dan yang terbesar kawasan Milik sekitar 7000 Hektar.  Yang secara kewenangan berdasarkan UU no 23 Tahun 2014 ada dibawah Pemerintah daerah provinsi jawa barat. Sesuai Program Gubernur Jawa Barat tahun 2020 akan menyediakan bibit 25 juta untuk jawa barat bahkan saat ini sudah terkumpul 21, 700 juta. Tegas Narasumber disampaikan pada Media ( 10 / 12 / 2019 ).

Guna mendukung program pemulihan lahan Kritis  Bandung Utara , kebutuhan hulu DAS Citarum   yang luasnya mencapai 62 Hektar  diluar kawasan kebutuhan 24 juta . Pendanaan berkolaborasi antara dana APBD , APBN , Dana desa  ,  menurut  ketua pokja  lahan  kritis pa epi . Di Wilayah KBU 19 ribu Hektar diantaranya 14 ribu Hektar pertanian , serta kehutanan 3500 Hektar.

Untuk pembenihan kami mengacu pada Undang undang  Pembenihan pengembangan Holtikultura, dimana bibit harus teregister , bibit yang diberikan berdasarkan jenis yang diminta masyarakat lebih ke jenis Sayuran , buah dan kayu .  saat ini pusat pembenihan ada di Pasir Banteng , dan satuan pelayanan ada di Sukabumi , Lembang , Tasikmalaya , serta Ciamis . Kami tidak memberikan bibit asal asalan untuk menjaga hasilnya .  Ujar pa epi .

Saat ini di desa desa juga sudah ada pusat penyuluhan pedesaan  , sambung Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura  pa Hendi , disertai juga dengan jaringan komunikasi pedesaan  .  Saat ini sudah ada 1200 Posludes  yang sudah bisa berkomunikasi lewat Conference,  dari jumlah desa di jabar keseluhan yang mencapai 5000 desa, tegasnya. Dalam pemberian benih penerima juga diberi pelatihan dulu oleh tim penyuluh melalui kelompok tani . Walaupun tim penyuluh kami kurang tapi untuk lebih memaksimalkan penyuluh pada tahun 2020 ini , penerimaan pegawai akan difokuskan khusus  untuk penyuluhan, Juga dalam program ini kami berkoordinasi dan bersinergi dengan TNI .

Yang dilibatkan dalam program ada 6 persemaian permanen yang kita jaga , ujar pa hendi . Diantaranya. Untuk kebutuhan bibit desa ada 25 Unit , perunit menghasilkan 60 ribu bibit . Kebun bibit rakyat 10 Unit , kebun bibit KBR  ada 71 Unit , serta dari Dinas Kehutanan yang melibatkan Cabang Dinas Kehutanan 1 sampai dengan 9 . Karena di wilayah jabar juga masih ada ketergantungan. Terkait penggunaan Air tanah , maka kita juga akan menertibkan pengusaha Air Tanah , serta  sekitar 80 pemegang izin produksi sektor energi  dan Mineral , tentunya  harus turut bertanggung jawab untuk peduli percepatan pemulihan , guna manfaat dan bisa memberi kontribusi besar buat penghidupan .

(FRD)

Komentar

News Feed