oleh

SOSIALISASI PENGHAPUSAN BMD DI LINGKUNGAN DINAS PENDIDIKAN KOTA BANDUNG

Bandung, Prabunews.com – Aset merupakan bagian dari kekayaan yang dimiliki siapapun, tidak terlepas bagian dari milik daerah. Pagi ini (10/12) tepatnya di SMPN 5 Kota Bandung diadakan kegiatan Sosialisasi Penghapusan Barang Milik Daerah, yang dilaksanakan di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bandung.

Awal Haryanto,SE, MSi dari BPKA Kota Bandung menyampaikan bahwa kegiatan pada pagi hari ini dilaksanakan dengan tujuan untuk koordinasi terkait dengan update data tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK RI khusus nya penghapusan barang milik daerah yang rusak berat
dan sosialisasi tata cara proses pemindahtanganan dan penghapusan BMD.

Selain itu ada beberapa kendala yang sering ditemukan dalam pengelolaan Aset selain pencatatan dan administrasi BMD kurang tertib juga jumlah barang yang dikelola banyak tetapi personel nya kurang, lanjut awal.


Beberapa hal yang berkaitan dengan penghapusan barang adalah barang yang rusak berat, barangnya tidak ditemukan dan barangnya hilang.Untuk barang yang bilang harus terlebih dahulu dilakukan pembebanan tuntutan penggantian dari daerah karena hal ini berhubungan dengan nominal.
Selain itu dalam pengelolaan aset perlu memperbaharui aset tersebut setiap waktu serta harus dibangun upaya mekanisme koordinasi secara tepat sehingga tidak terjadi eksekusi yang tidak sesuai dengan ketentuan.

Dalam hal pengelolaan aset, Kota Bandung selalu berusaha untuk meningkatkan pengelolaan BMD milik pemerintah tersebut semaksimal mungkin dan bukti keseriusan itu tercermin pada predikat WTP dari BPK RI atas laporan keuangan TA 2018. Semoga di tahun depanpun kota ini bisa mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas LKPD tahun 2019.

(Kang Amat)

Komentar

News Feed