oleh

“BUKIT MBAH CELENG” Prasasti Nyata Gerakan Kolaborasi Warga Bandung

Bandung, Prabunews.com – Satu lagi destinasi berbasis lingkungan hadir di Kota Bandung bagian Timur, tepatnya di daerah Cisurupan Kecamatan Cibiru. Sebuah bukit yang sebelumnya kurang dimaksimalkan kini menjadi area yang nyaman dan bisa dijadikan destinasi kunjungan bagi siapapun. Bukit Mbah Celeng pagi ini diresmikan pagi ini (14/12) oleh Wakil Walikota Bandung, Kang Yana.


Dalam sambutannya, Kang Yana menyampaikan bahwa Pemberdayaan area bukit Mbah Celeng melalui gerakan reboisasi diharapkan menjadi bagian jawaban atas permasalahan berlebihnya air yang lari ke Wilayah yang lebih rendah, Gedebage dan sekitarnya dikarenakan tanah di Wilayah atas kurang memiliki ruh fungsi penyerapan.


Dengan semakin banyaknya gerakan menanam di area yang kritis, ini menjadi pertanda baik nilai-nilai kepedulian warga terhadap lingkungannya, lanjut Yana. Bukit Mbah Celeng merupakan sebuah gambar nyata dari gerakan kolaborasi wargi kota ini, berawal dari mimpi para Pegiat sepeda Gowes Baraya Bandung (GBB) dan Aktifis lingkungan Papas STKIP Paaundan, serta adanya dukungan dari SKPD terkait khususnya Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung serta didukung bicara dengan aksi telah membuktikan hadirnya area seperti sekarang ini.

Hadir pada kesempatan peresmian selain wakil walikota, acara tersebut dihadiri juga oleh Sekda Kota Bandung Ema Sumarna, Kolonel Asep DanSektor 21, para Komunitas sepeda, Members Ebiet G Ade ( EGA ) serta Pelajar NyaSaB dari beberapa Sekolah Adiwiyata kota Bandung.
Kita sangat berharap dengan adanya konservasi lahan yang lebih baik maka kualitas lingkungan dengan permasalahannya dengan perlahan akan menuju kearah yang lebih baik pula.


Inspirasi Sunda dalam bentuk filosofi Pok-Prek-Prak yang selama ini dijadikan panduan para Komunitas ternyata telah membuktikan bahwa hal itu bisa menembus kekakuan birokrasi selama ini.Tanpa harus banyak menemui beberapa meja birokrasi, Komunitas bisa bergerak lebih cepat dan terbukti nyata !

(Kang Amat)

Komentar

News Feed