oleh

Benteng Sekolah Roboh Akibat Longsornya Area Sempadan Sungai

Bandung, Prabunews.com – Hujan deras yang terjadi siang dan sore pada beberapa hari yang lalu (15/12),telah mengirimkan kabar bertambah besar nya arus sungai yang ada di kota Bandung, tidak terkecuali Sungai Cikendal yang terletak di Wilayah Kelurahan Cigondewah Kaler Kecamatan Bandung Kulon.


Seperti biasa derasnya air sungai dengan material sampah yang dibawanya telah menggerus sebagian dari bantaran sungai tersebut yang berakibat longsoran tanah dibantaran tersebut serta mengakibatkan runtuhnya benteng/tembok pembatas sebuah sekolah, tepatnya SMPN 55 Kota Bandung.
Kasie Sapras Disdik Kota Bandung, Yanuar Epsa mengatakan bahwa runtuhnya tembok pembatas sekolah itu merupakan ekses dari derasnya air sungai yang menggerus kirmiran Sungai Cikendal dekat sekolah tersebut, kemudian karena area sekolah merupakan tanah urugan maka longsoran itu terjadi dan mengakibatkan tembok sekolah sepanjang 12 meter roboh.Ini murni merupakan akibat dari faktor Alam, kita tidak bisa menduga-duga apa yang akan terjadi, lanjut Yanuar.


Kejadian ini langsung dikomunikasikan dengan Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung, Erni Setiawati Pejabat DPU yang memiliki kafasitas di bidang tersebut langsung menugaskan para pekerjanya untuk cepat mengantisifasi longsoran itu dengan tindakan awal menggunakan penahan dari karung yang selanjutnya akan dilakukan perbaikan kirmirnya agar longsoran tidak semakin meluas mengingat curah hujan akhir-akhir ini cukup lebat.
Penyelesaian masalah ini memang diperlukan koordinasi yang sangat baik karena tindakan satu dan yang lainnya saling menguatkan.
Semoga tindakan yang cepat dan lebih maksimal dapat dilakukan mengingat di area longsoran tersebut ada toilet siswa yang apabila terlalu lambat tindakannya akan berimplikasi terhadap keberadaan bangunan tersebut.


Semoga kejadian ini dapat menggiring nalar kehati-hatian dan pertimbangan yang baik dalam melakukan proses pembangunan merujuk pada kondisi lingkungan di sekitarnya.

(Kang Amat)

Komentar

News Feed