oleh

Workshop Penguatan Kelembagaan Forum DAS Jawa Barat

Bandung, Prabunews.com-Sebuah perhelatan para aktivis DAS hari ini (20/12) dilaksanakan di sebuah hotel jalan Soekarno Hatta Bandung.Kegiatan ini dilaksanakan dan dikemas melalui Workshop Penguatan Kelembagaan Forum DAS Jawa Barat, dalam rangka menyamakan persepsi tentang tugas dan fungsi FKP DAS Jawa Barat.Kegiatan ini sendiri diikuti oleh perwakilan dari 27 Wilayah kota dan kabupaten yang ada di Jawa Barat.

Ketua FKP DAS, DR. H. Tom Maskun, M.Pd mengatakan bahwa di tiap wilayah kota/kabupaten sebenarnya sudah ada forum atau komunitas yang memiliki konsentrasi yang sama, dengan nama yang berbeda-beda namun keberadaan FKP DAS ini menyesuaikan dengan aturan yang ada dan RJPMD Jabar.

Fokus target kegiatan yang hendak dilaksanakan melalui tata hubungan organisasi yang disesuaikan dengan kebutuhan Wilayah masing-masing, lanjut Tom Maskun.

Satu agenda terdekat yang akan dilaksanakan berhubungan dengan FKP DAS ini adalah pengukuhan, pelantikan Pengurus FKP DAS kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat yang tergabung dalam FKP DAS Bandung Raya tanggal 26/12.

Selain itu dilaksanakan juga musyawarah dan penguatan program organisasi serta pelaksanaan Sawala Banda Bandung yang berorientasi terhadap penggalian permasalahan dan solusi masalah lingkungan.

Langkah yang senantiasa menjadi rujukan kegiatan FKP DAS adalah senantiasa memetakan masalah, alternative solusi dan melaksanakan rencana aksi.

Semoga dengan adanya kegiatan workshop ini dapat menghasilkan rencana aksi yang sangat bermanfaat bagi keberlangsungan pembangunan berkelanjutan tentunya dengan dukungan serta keberpihakan dari para pemegang kebijakan, para pengusaha, masyarakat dan media.

(Kang Amat)

Komentar

News Feed