oleh

Rasakan Sensasinya Kafe Walungan di Kota Bandung

Bandung, Prabunews.com – Setelah beberapa program digulirkan oleh Pemerintah Kota Bandung, sabtu minggu kemarin area Bukit Mbah Celeng yang diresmikan.Sebuah program yang berorientasi untuk mengentaskan kawasan pemukiman tidak layak huni (kumuh) menjadi kawasan pemukiman layak huni. Kawasan padat yang tidak layak huni itu diantaranya berada di areabantaran sungai. Salah satu gambaran nyata dalam menaikan tingkat kualitas peradaban salah satunya melalui kebijakan pemerintah dalam pengelolaan sungai.


Setiap kebijakan tentunya perlu dukungan serta komitment yang kuat dari warganya. Pada pagi ini (21/12) prasasti dari luhurnya keinginan menghadirkan tatanan kota yang layak huni serta komitment tinggi dari warga bantaran sungai diwujudkan dengan diresmikannya ” Kafe Walungan ” yang terletak di jalan Pagarsih Bandung.


Sebuah konsep Pemberdayaan nilai luhur mencintai sungai dari mulai pengelolaan air sampai pembangunan infrastruktur yang mendukung konsep luhur tersebut. Didi Ruswandi, KadisPU Kota Bandung, mengatakan bahwa Kafe Walungan tersebut diharapkan tidak hanya menjadi sebuah bukti pengembangan pembangunan infrastruktur yang bersifat pisik tetapi diorientasikan juga dapat memberikan penguatan nilai-nilai pembangunan mental spiritual yang tergambar dari kemauan menjaga, merawat dan memperindah lokasi tersebut serta berdampak terhadap perubahan di ranah sosial ekonomi dan kebahagian warga sekitar.


Setelah sepenggal bagian hulu ini telah ditata baik, warga dibagian hilir bersedia untuk ditata dan berpartisipasi untuk menjaganya. Penataan dihilirnya bisa tematik tidak harus semua konsepnya walungan cafe, lanjut Didi.
Kita tentunya berharap agar penataan dan pengelolaan sungai secara baik dan terkonsep diharapkan kita akan dapat mewujudkan miniatur ‘waterfront city’, kota yang rumah2nya menghadap ke sungai dan sungai menjadi halaman depan yang asri dan menjadi tujuan wisata air unggulan di kota bandung.

Semoga semakin pandai kita memelihara dan merawat sungai akan berdampak terhadap lahirnya kepedulian terhadap lingkungan dalam skala makro.

(Kang Amat)

Komentar

News Feed