oleh

9 Rekomendasi Penting dalam Pengelolaan Lingkungan di Jawa Barat

Bandung, Prabunews.com – Sebagai sebuah LSM, Peduli Lingkungan Jawa Barat ( PELIJA ) tidak pernah berhenti untuk berkontribusi dalam membantu dan bersinergis dengan pihak manapun termasuk pemerintah dalam pengelolaan lingkungan Hidup di Jawa Barat. Pada sore hari ini (28/12) bertempat di sebuah resto jalan Lengkong melakukan kegiatan refleksi akhir tahun.


Ir.H.MQ.Iswara, AIFO, Dir Eksekutif PELIJA, menyampaikan bahwa ada 9 (sembilan) rekomendasi yang akan disampaikan kepada pihak terkait dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan lingkungan Hidup diantaranya :

  1. Mendorong percepatan Pembentukan Badan Otoritas Citarum.
  2. Pengawasan dan penegakan Perda Jabar No.2/2016 dan Pergub 30/2006 tentang KBU.
  3. Mendorong Pemerintah kota dn kabupaten untuk selalu duduk bersama dalam memetakan rencana pembangunan terutama yang berhubungan dengan RTRW yang memiliki dampak ekologis di masa yang akan datang ( contoh penembangan wilayah Bandung Selatan).
  4. Mendorong Pemerintah untuk melakukan pengawasan terhadap perusahaan yang melakukan usaha Galian C dan melaksanakan penindakan hukum apabila terjadi pelanggaran hukum.
  5. Memperketat regulasi pemanfaatan air bawah tanah.
  6. Mendorong lahirnya Pergub Baru tentang Wilayah Bopuncur dan Wilayah Jabar Selatan.
  7. Darurat Sampah, Pemerintah harus serius dalam melakukan pengelolaan sampah dari hulu sampai ke hilir serta hadirnya usaha pengurangan sampah secara terukur.
  8. Pemerintah harus serius melakukan kajian dan langkah-langkah pengelolaan lingkungan yang berhubungan dengan Land Subsident ( Penurunan Permukaan Tanah ).
  9. PELIJA akan melakukan advokasi masyarakat terdampak akibat kerusakan lingkungan kalau perlu akan melakukan tindakan Class Action mewakili masyarakat.

Komentar

News Feed