oleh

Waspada Bulan Januari 2020, Curah Hujan Lebih Tinggi

Bandung, Prabunews.com – Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Tony Agus Wijaya . S.ST . Menjelaskan terkait Cuaca di Jawa Barat  diakhir tahun 2019, tahun ini hujan relatif normal tidak ada gangguan yang Signifikan musim hujan di bulan Desember dijabar sudah merata namun memasuki bulan Januari tahun 2020, masyarakat harus lebih hati hati mulai tinggi curah hujan , ujar Tony Menyampaikan pada Media ( 28/12 /2019 ).

Memasuki bulan Januari dan februari tahun  2020, akan menjadi puncak turunnya hujan yang berpotensi angin kencang, ujarnya. Banyak kejadian Terakumulasi cenderung dihari tertentu hal ini akan menyebabkan Potensi terjadinya Bencana  Hidrometeologi rawan banjir dan longsor  karena perbedaan suhu  permukaan disertai angin kencang, kata pa toni. Untuk kesiapan menghadapi cuaca buruk masyarakat diharap mengantisipasi sebelum terjadi masalah atau bencana, dimulai dengan melihat lingkungan sekitar .

Jangan membiarkan pohon terlalu  rimbun walaupun tidak ditebang tetapi pangkas cabang cabangnya. Untuk rumah yang beratap seng agar diperkuat ikatannya supaya tidak terbang serta hal yang kita anggap sepele seperti saluran air, bersihkan agar tidak terjadi genangan air yang rawan banjir masih ada waktu  untuk mengerjakan sebelum masuk bulan Januari. Karena menurut toni  , awal bulan Januari curah hujan sangat tinggi Diperkirakan sampai dengan bulan mei tahun 2020 bahkan menurut data di wilayah  jabar selatan harus lebih berhati hati dan diwaspadai lingkungan sekitar rawan angin kencang dan puting beliung, jelasnya pada Media .

(FRD)

Komentar

News Feed