oleh

Warning, Dari BMKG Cuaca Ekstrim sampai 7 Januari 2020

Bandung, Prabunews.com – Toni Agus Wijaya . S.ST . Memarparkan Data Stasiun Geofisika KLS 1 Bandung selama minggu pertama januari 2020 di wilayah Jawa Barat dan sekitarnya terjadi 16 Gempa Bumi dengan Magnitudo bervariasi mulai dari M 20 sampai M 37 didominasi oleh kejadian Gempa bumi Dangkal (k60 Km). (4/1/2020)

Gempa yang terjadi di jawa barat dan sekitarnya berasal dari dua sumber utama sumber gempa yang berasal dari Zona Subduksi lempeng Indonesia – Australia terhadap lempeng Eurasia yang dimulai dari selatan hingga ke utara Jabar. Kata toni semakin Subduksi akan semakin dalam, oleh karena itu berkorelasi dengan kedalaman gempa di Zona tersebut bisa mencapai kedalaman 600 KM dibagian utara pulau ini, ungkapnya.

Sumber kedua, sumber gempa berasal dari Sesar aktif yang berlokasi di daratan Jabar ada 4 sesar aktif di Jabar kata Toni yaitu Sesar Cimandiri, Sesar Lembang, Sesar Baribis dan Sesar Garsela. Di wilayah selat sunda hingga selatan BantenĀ  juga, ujar toni, terdapat sesar aktif yaitu sesar ujung kulon dan sesar semangko. Berdasarkan Data hingga tanggal 2 januari 2020 terjadi di laut Selatan Jawa dan Laut Pesisir Barat Sumatera. (4/1/2020)

(FRD)

Komentar

News Feed