oleh

SMART sebagai Upaya Memperlakukan Arsip dengan Baik

Bandung, Prabunews.com – Salah satu hal yang terkadang tidak terlalu mendapat perhatian dari banyak pihak adalah tentang pengelolaan arsip.
Hal itulah yang diungkapkan oleh Endrawati Padmadisastra, M.Si Kabid Pengelolaan Kearsipan Dispusip Kota Bandung. Terkadang masyarakat memperlakukan arsip tidak pada semestinya, baik menyimpannya atau memperlakukannya. (9/1/2020)

Satu hal yang sering kita jumpai manakala kita memiliki dokument, sebagai contoh dokument ijazah, akte kelahiran. Untuk menjaga dari kerusakan terkadang dengan mudah kita langsung melaminasinya. Padahal justru hal itu sangat tidak disarankan karena pada gilirannya akan merusak dokument itu sendiri.Hal yang idealnya dilakukan adalah melalui proses Enkapsulasi. Prosesnya sama namun tidak melalui pemanasan perekatan plastik tetapi melalui proses pengeleman manual, lanjut Endrawati.

Disisi lain terkadang manakala arsip-arsip yang kita miliki terendam air apalagi Lumpur seperti yang dialami saudara kita yang terkena musibah ada kebiasaan yang kurang tepat juga sering kita lakukan yaitu kita langsung membersihkannya kemudian menjemurnya.

Padahal idealnya setelah dibersihkan dokument arsip itu sebaiknya langsung dikeringkan di suhu ruangan.Ada beberapa pelayanan yang diberikan di kantor yang beralamat di jalan Seram no 2 ini dan bisa diakses oleh masyarakat diantaranya, Cek register kata kelahiran, Cek salinan AJB, Cek salinan IMB, Layanan arsip sejarah dan Layanan konsultasi pengelolaan pengarsipan. Sekecil apapun upaya yang dapat kita lakukan untuk mengamankan arsip kita haruslah disegerakan.SMART Selamatkan, Manfaatkan, Amankan, Restorasikan dan Tertibkan.

(Kang Amat)

Komentar

News Feed