oleh

Badan Geologi Sebut 10 Gunungapi Berkarakteristik Unik

Bandung, Prabunews.com – Rudi Suhendar Kepala Badan Geologi memaparkan, sebagaimana fungsinya Badan Geologi memiliki tugas Pokok dan Penelitian, Penyelidikan serta Pelayanan dibidang sumber daya geologi, vulkanologi serta Mitigasi Bencana Geologi sebagai tugas badan geologi sebagai mitigasi Bencana Geologi semakin mendapat perhatian dari masyarakat, tegas Rudi. Juga seiring pesatnya pendidikan dan Teknologi Informasi dengan pelayanan pada masyarakat untuk mendapat informasi kebencanaan geologi yang berkualitas Valid dan dapat di pertanggung jawabkan secara keilmuan, ungkap kepala Badan Geologi pada wartawan belum lama ini di suatu kesempatan kegiatan Badan Geologi.

Pihaknya kata Rudi, terus melakukan pemantauan gunungapi secara terus menerus dengan berbagai metode dan Instrumen disertai kajian khusus kegunungapian lewat kegiatan penelitian dibidang gunungapi, semua guna mendapatkan informasi yang detail dan dalam rentang karakteristik suatu gunungapi, ujarnya. Pada tahun 2019 melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi ( PVMBG ) telah melakukan kajian kegunungapian di 10 gunung diantaranya Roketenda, Guntur, Agung, karangetang, Anak Krakatau, Selat, Dukono, Sinabung, Tangkuban Parahu serta Dieng. Kesepuluh gunungapi ini memiliki Karakteristik Erupsi yang Unik, perlu dipahami antisipasi Ancaman bahaya dan dasar Strategi Sistem pemantauan gunungapi.

Harapan Kepala Badan Geologi, kajian ini di harap memberi sumbangsih bagi ilmu kegunungapian serta penguatan sistem Mitigasi¬† gunungapi, sesuai tema ” Kolokium ” yaitu Kontributsi penelian dalam pengembangan mitigasi Bencana Geologi. Juga untuk memicu pengembangan dasar kegunungapian serta kebencanaan geologi yang dapat diaplikasikan dalam upaya Motigasi Bencana Geologi, tegas Rudi pada Media.

(FRD)

Komentar

News Feed