oleh

Sampah Yang Selalu Mengotori Sungai Cikendal

Bandung, Prabunews.com – Bermimpi memiliki sungai yang jauh dari limbah, sepertinya bukan hal yang mudah diwujudkan.Hal ini terlihat dari kondisi salah satu anak Sungai Citarum tepatnya Sungai Cikendal. Pada siang hari (22/1) kenyataan itu terlihat jelas dimana kondisi air sungai yang hitam disertai rombongan sampah yang terbawa arus air menjadi cerita klasik yang sepertinya tidak pernah usai.


Annas Abdullah, salah seorang guru di SMPN 55 Bandung yang lokasinya berdampingan dengan sungai itu mengatakan bahwa hal seperti ini sudah biasa terjadi bahkan tanpa ada hujanpun penampakan sungai yang terpolusi oleh limbah sampah suka terjadi. Bahkan tumpukan sampahpun dengan sendirinya akan terbawa harus air, lanjut Annas.

Memang sepertinya solusi atas permasalahan Sungai Citarum lebih terbebani oleh masalah yang banyak hadir dari anak-anak Sungai Citarum.Seperti yang terjadi hari ini.

Untuk masalah sampah sepertinya Satgas Citarum perlu dukungan maksimal dari para aparat kewilayahan di tingkat RT, RW bahkan Kelurahan, mengingat sampah-sampah yang hadir hampir sebagian besar bersumber dari masyarakat,ungkap Mulyanto Dansubsektor 6 Citarum Harum.

Memang menghadirkan budaya baik termasuk mengelola sampah bukanlah hal yang mudah, perlu proses namun dengan seringnya sosialisasi dan edukasi serta menghadirkan gerakan masyarakat peduli kali sepertinya kita berharap perubahan itu tidak harus menunggu lama, lanjut Mulyanto.


Bicara tentang kepedulian dan kecintaan kita pada sungai sepertinya tidak perlu modal besar asal ada kejujuran dalam tindakan kepedulian dan kecintaan,mimpi itu bisa terwujud.Potret keadaan sungai kita akan sangat jelas berbicara tentang siapa diri kita.

(Kang Amat)

Komentar

News Feed