oleh

Masyarakat perlu Waspada Virus Corona walau Jabar Aman Saat Ini

Bandung, Prabunews.com – Komite Emergency International Health Regulation ( IHR ), menyatakan bahwa Pheumonia akibat Novel Caronavirus bukan keadaan yang membahayakan kesehatan manusia, namun diharap masyarakat lebih waspada serta pencegahan tetap dilakukan, ungkap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat DR. Berli Hamdani, pada media. (24/1/2020)

Paparan DR . Berli, pemerintah pusat sudah mengeluarkan edaran kepada setiap Pemda agar waspada, tegasnya. Karena provinsi seperti jabar dengan Karakteristik berpotensi terpapar berbagai Virus. Karena jabar sebagai Destinasi Favorit bagi Wisatawan asing seperti Singapura, Korea selatan dan Thailand .ujar Kadinkes Provinsi Jawa Barat.

Selain itu kata DR . Berli  Jabar menjadi Lokasi ” Proyek Kereta Api Cepat ” banyak pekerja berasal dari negeri China sebagai negara asal virus ini dan sudah rahasia umum kelima negara ini susah terpapar virus Corona. Ditambah negara Vietnam, Amerika serikat dan Taiwan, jelas DR. Berli. Dan akan kasus kematian telah dilaporkan dari wuhan China, sebanyak 16 layanan kesehatan Terinfeksi, tidak lepas kemungkinan bisa terjadi di Jabar, ujarnya.

Untuk kewaspadaan masyarakat perlu diperhatikan berbagai hal, seperti  :

Sebagai langkah antisipasi Dinas Kesehatan telah melakukan Tiga hal penting. Pertama koordinasi dan pemberian informasi antar sektor terkait laporan dan penanganan kasus suspek pneumonia akibat novel coronavirus.

Kedua, membuat surat edaran kewaspadaan kepada Rumah Sakit, Puskesmas dan klinik untuk meningkatkan kewaspadaan, penanganan dan rujukan dalam penanganan kemungkinan pasien novel coronavirus.

Ketiga, memberikan informasi sekarang mungkin dan edukasi kepada masyarakat melalui berbagai media. ” Termasuk di media sosial,” tersebut berly.

Berli merekomendasikan masyarakat tidak panik sambil tetap waspada dan mengurangi resiko penularan virus melalui langkah-langkah responsif dan cepat

Keempat, hindari kontak dekat dengan siapapun yang menderita demam dan batuk. ” Pakai masker apabila menderita gangguan pernapasan atau batuk”, katanya.

Terakhir, berhati-hati dalam mengonsumsi produk hewani mentah atau setengah matang untuk menghindari kontaminasi silang dengan makanan mentah, kata dokter Berli.

(FRD) 

Komentar

News Feed