oleh

Tutor Kepedulian Lingkungan Lingkungan Berbasis Komunitas Sekolah

Bandung, Prabunews.com – Salah satu pendorong gerakan kepedulian terhadap lingkungan di Sekolah adalah hadirnya Komunitas Pelajar Peduli Lingkungan. Dengan kehadiran Komunitas ini diharapkan sharing dan tutor sebaya mengenai kepedulian lingkungan terhadap selama siswa akan mudah terkoneksifitas.

Hal itulah yang sampai saat ini dilakukan oleh Komunitas Go Green Health (GGH) SMPN 39 Bandung. Secara konsisten dan terus bergerak Komunitas ini selalu menjadi Ujung tombak dari gerakan positif terhadap nilai-nilai kepedulian. Gansah, S.Pd, Pembina GGH pada saat seminar lingkungan (26/1) mengatakan bahwa kegiatan Komunitas yang diasuhnya selalu menjadi bagian dari agenda pendidikan karakter yang dilakukan oleh siswa untuk dirinya dan temannya.Setiap kesempatan selalu digunakan oleh anak-anakku GGH untuk berbagi informasi, kreasi dan tutor kebiasaan dengan teman-temannya, lanjut Gansah.

Ketua GGH Alifa menyampaikan bahwa yang paling penting dari sebuah gerakan selain konsisten juga kita harus inovasi.
Berbagai kegiatan telah kami ikuti dimulai dari pameran lingkungan tingkat kota dan Provinsi, lomba daur ulang, seminar lingkungan dan bahkan terakhir kita menjadi sekolah yang berhasil melakukan diet plastik.

Memang tidak mudah untuk meng-influencer teman-teman namun dengan gerakan yang konsisten, tidak bosan dan terpenting memberikan contoh teladan, alhamdulillah perubahan demi perubahan dari sikap peduli itu hadir, ungkap Alifa
SMPN 39 Bandung dengan gerakan yang berpusar dari bawah termasuk dari komunitas ini, telah mengantarkan menjadi Sekolah Berbudaya Lingkungan ( Adiwiyata ) tingkat Nasional dan Sekolah Sehat Tingkat Kota Bandung.

Memang perubahan budaya baik bukan hal yang mudah namun setiap kesulitan harus diyakini ada jalan keluarnya.Pelajar adalah bagian dari seorang guru yang bisa memberikan inspirasi perubahan dan berbagi ilmu untuk sesamanya, keluarganya dan masyarakat Umum.

(Kang Amat)

Komentar

News Feed