oleh

Pengelolaan Sampah Model TPS4R-IF

Kab.Bandung, Prabunews.com – Sampah sampai saat ini masih menjadi permasalahan serius dalam pengelolaannya sehingga terkadang Sampah dianggap menjadi biang kerok dari masalah lingkungan yang terkait dengan Sampah itu sendiri. Perlu Ada keseriusan dalam melakukan pengelolaannya. Salah satu yang populer dari pengelolaan Sampah yaitu dengan menghadirkan TPST. Sehubungan dengan Hal tersebut diatas LSM Peduli Lingkungan Jawa Barat ( Pelija ) melakukan terobosan dengan melahirkan program yang mendukung Tata kelola Sampah tersebut melalui pengembangan TPS4R-IF yang berlokasi di Kp.Bojong Buah Ds.Pangauban RW 04 Kecamatan Katapang Kab.Bandung (28/1).

Direktur Eksekutif Pelija Ir.H.MQ,Iswara,AIFO mengatakan bahwa masalah lingkungan bukan saja menjadi tanggung jawab pemerintah tetapi menjadi tanggung jawab bersama.Dengan mendampingi Dan membantu pengembangan TPS di Kp.Pangauban ini menjadi TPS4R-IF diharapkan menjadi model pengelolaan sampah yang sesuai diharapkan bersama.Salah satu bagian yang menjadi ciri khusus TPS4R-IF adalah adanya sistem circulary ekonomi, dimana produk pengelolaan sampah,berupa kompos Dan maggot secara langsung terintegrasi dengan pertanian, peternakan Dan perikanan, lanjut MQ.Iswara.

H.Dede tokoh masyarakat menyampaikan dalam sambutannya bahwa masalah sampah yang secara jelas erat hubungannya dengan kebersihan sudah secara jelas menjadi bagian dari ruh ajaran agama.Dengan kehadiran M.Q Iswara, H Dede menaruh harapan dalam peningkatan pembinaan Dan pengembangan TPS4R-IF di wilayahnya.

Semoga dengan hadirnya kerjasama antara pegiat lingkungan Dan komunitas termasuk LSM diharapkan permasalahan lingkungan (Sampah) secara perlahan tapi pasti akan menemukan titik temu.

 

(Kang Amat)

Komentar

News Feed