oleh

RASS sebagai Sebuah Ruang Yang Aman dan Instagramable Bagi Pejalan Kaki

Bandung, Prabunews.com – Menciptakan dan memberikan rasa aman kepada masyarakat termasuk masyarakat pendidikan adalah tugas yang selama ini diupayakan oleh pemerintah. Salah satu bentuk upaya yang terkait dengan hal tersebut adalah memberikan rasa aman atas keselamatan para pelajar manakala menggunakan fasilitas Umum diantaranya jalan raya.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung bekerja sama dengan Dinas Pendidikan kota Bandung serta SKPD yang lainnya, diantaranya Dinas Perhubungan, DPKP3 mulai menggulirkan program yang berorientasi untuk memberikan rasa aman tersebut yang dikemas melalui program Rute Aman Selamat Sekolah (RASS).

Didi Ruswandi, MT mengatakan pada rapat koordinasi pertamanya (27/1) bahwa program ini selain untuk memberikan pelayanan terhadap para pejalan kaki, khususnya para pelajar juga diharapkan akan memberikan motivasi agar para pelajar senantiasa membudayakan gerakan jalan kaki tersebut.

Hal ini sangat memungkinkan mengingat dengan sistem zonasi mayoritas para pelajar memiliki jarak rumah yang tidak begitu jauh. Untuk memberikan semangat membangun gerakan itu serta sebagai apresiasi atas gerakan jalan kaki ke sekolah selama ini maka kami bersama-sama melalui semangat kolaborasi berusaha menghadirkan spot area pejalan kaki yang tidak hanya memenuhi aspek keamanan juga memiliki aspek edukasi.Dalam konsep sederhana RASS ini akan diciptakan sebagai ruang yang memanjakan dan membahagiakan para pejalan kaki itu sendiri.
Unsur lain yang hadir dalam konsep RASS adalah adanya spot yang indah dan instagramable dengan menghadirkan mural-mural pada dinding-dinding yang terbuka di area tersebut, lanjut Didi Ruswandi.

Sementara itu Kabid P3TK Disdik kota Bandung, Edy Suparjoto, menyampaikan apresiasi atas lahirnya program ini. Ini merupakan bagian dalam upaya meningkatkan realisasi dari program yang pernah diluncurkan oleh Bapak Walikota Bandung yaitu program Mapah Ka Sakola. Selain itu dengan adanya program ini diharapkan para pelajar yang terbiasa berjalan kaki ke sekolah akan semakin terasa aman mengingat jumlah pengendara kendaraan bermotor yang cukup padat serta diharapkan dengan adanya RASS ini para pengendara kendaraan bermotorpun akan semakin waspada dan menghargai hak-hak pejalan kaki, ungkap Edy Suparjoto.

Program RASS ini sendiri untuk tahap awal meliputi 7 sekolah yaitu SMPN 55 kota Bandung, SMPN 39, SDN 071 Sukagalih, SDN Cicabe, SMPN 35, SMPN 31 dan SMPN 34 kota Bandung. Untuk pengerjaan program ini sendiri akan dilaksanakan oleh UPT DPU yang tersebar di enam wilayah, meliputi wilayah Tegallega, Karees, Cibeunying, Ujung Berung, Gede Bage dan Bojanegara.

Sementara untuk pengerjaan mural akan dilaksanakan oleh para pelajar SMKN 14 kota Bandung. Desain yang yang diambil disesuaikan dengan kecenderungan minat dan permohonan sekolah.Untuk cat yang dipergunakan dalam proses mural disupport oleh Propaint.

Kita sangat meyakini dengan semangat kolaborasi yang menjadi identitas warga kota ini setiap upaya mencari solusi akan hadir dengan sendirinya. Semoga dengan semakin aman dan menarik jalur pejalan kaki serta hadirnya dukungan para Kepala Sekolah untuk program Mapah Ka Sakola diharapkan para pelajar akan semakin semangat mengayunkan langkah meraih masa depannya ke sekolah dan tentunya akan mengurangi tingkat kemacetan yang selama ini terjadi.

(Kang Amat)

Komentar

News Feed