oleh

Presiden RI Canangkan “Gerakan Bersama menuju Eliminasi TBC Tahun 2030”

Bandung, Prabunews.com – Kunjungan Presiden RI, Ir. Joko Widodo ke Jawa Barat tepatnya ke Techno Park Kota Cimahi dalam rangka Pencanangan ” Gerakan Menuju Eliminasi TBC tahun 2030 “, dikarenakan angka TBC di Indonesia masih tinggi. Untuk itu kata Jokowi, upaya penyuluhan tetap dilakukan sebagai Pencegahan, tegas Joko Widodo. (29/1/2020)

Pesan Presiden Jokowi, yang merasa sudah terkena TBC harus melakukan Pengobatan, namun tidak kalah penting dari pengobatan, upaya pencegahan juga lebih diutamakan, papar Jokowi. Sebagai kunci utama penangganan TBC ada pada Infrastruktur yang memadai. Diawali dengan keberadaan Pembangunan rumah rumah sehat, tandasnya. Dan Infrastruktur Fisik di masyarakat diupayakan lebih baik seperti Penyediaan air, Penyinaran udara masuk ke rumah, keberadaan Drainase tidak mampet, bahkan permintaan RI-1 hari tadi pada Menteri PUPR, agar lebih memperhatikan keberadaan rumah rumah masyarakat di Jawa Barat, ucap bapak Presiden Joko Widodo.

Selain itu, kata Kang Emil, Pemerintah Daerah (pemda) Provinsi Jabar menggagas Rumah Sakit dengan fasilitas TB resistensi obat yang tersebar di 9 Kabupaten/kota, GAMET ( Gerakan Masyarakat Eliminasi Tuberkolosis ), Kutiru ( Klub TB paru ) dan pembentukan Desa peduli TB di Kabupaten Bandung.

“Mudah-mudahan hari ini atas arahan bapak presiden,  kita bertekad 10 tahun lagi, kita bisa melaporkan ke sdgs Bahwa masalah tuberkolosis di Indonesia itu bisa sesuai target jauh berkurang”, katanya.

(FRD)

Komentar

News Feed