oleh

Desa Pamekaran Miliki Rumah Adat

Sumedang prabunews.com – Desa Pamekaran, Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang, belum lama ini memiliki rumah adat sendiri. Pembangunan rumah adat itu sendiri terlaksana atas dasar keinginan Kepala desa setempat berikut masyarakat, yang bersumber dari dana desa (DD) termin ketiga dengan nilai anggaran Rp. 75 juta. Sedangkan lahannya adalah dari tanah wakaf atas nama Otek.

Menurut salah seorang tokoh pemuda sekaligus Ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) Ormas Pemuda Pancasila (PP) Kecamatan Rancakalong dan juga Ketua LPM Desa Pamekaran, Cucu, pihaknya merasa senang, akhirnya Desa memiliki rumah adat sendiri, yang telah diimpikannya sejak lama.

“Alhamdulillah, akhirnya desa kami memiliki rumah adat. Dengan demikian, Desa Pamekaran, setidaknya mempunyai ciri khas atau icon baru. Untuk itu, saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya terhadap bapak kepala desa dan perangkatnya, yang telah mampu mewujudkan kami dan masyarakat lainnya untuk memiliki rumah adat,” jelas Cucu, saat ditemui di sela-sela kesibukannya.

Selain itu, Cucu juga menerangkan, keberadaan rumah adat ini akan banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Desa Pamekaran. Diantaranya yaitu, bisa dijadikan ajang tampil kebudayaan buhun Desa Pamekaran seperti tahuan bubur suro. Bahkan, rumah adat ini juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat pertemuan para kepala dusun (Kadus) yang ada di lingkungan Desa Pamekaran.

” Selain tempat ajang kebudayaan buhun, insya allah, rumah adat ini bisa dijadikan ajang diskusi masyarakat dengan para sesepuh di Desa Pamekaran,” Pungkasnya.

(ARS)

Komentar

News Feed