oleh

Macul Perdana Kolam Retensi Citepus Bima

Bandung,Prabunews.com – Hari ini (30/1) Walikota Bandung, Mang Oded Memulai pencanangan Macul Perdana kolam Retensi yang terletak di Jalan Bima Kelurahan Cicendo. Pembuatan kolam retensi ini diharapkan akan mengurangi debit air sungai Citepus karena secara posisi kolam ini berada disamping Sungai Citepus.


Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bapak Walikota Bandung Mang Oded, Wakil Walikota Bandung Kang Yana Mulyana, Sekda Kota Bandung Ema Sumarna, Kadis DPKP3 kota Bandung Dadang Dharmawan, Dansektor 22 Asep Rahman Taufik serta para pejabat kewilayahan, Unsur masyarakat dan Komunitas.

Ir.Didi Ruswandi KadisPU kota Bandung menyampaikan bahwa Pembuatan kolam retensi ini sebagai bagian dari pengurangan resiko banjir akibat dari berlebihnya supplay air yang berasal dari hulu yang masuk dalam teritorial di luar kota Bandung itu sendiri. Kolam Retensi ini sendiri memiliki luas 2500m2 dengan rencana kedalaman 3-3,5 meter, lanjut Didi R. Sementara itu dalam sambutannya Walikota Bandung, Mang Oded mengatakan bahwa kota Bandung masih memiliki PR besar yang berhubungan dengan masalah banjir.Sesuai amanat presiden pada saat peresmian Curug Jompong bahwa masalah banjir di kota Bandung ada beberapa upaya yang bisa dilakukan diantaranya rehabilitasi.
Upaya penanaman pohon secara terus menerus, mengajak warga kota Bandung untuk mengelola sampah secara baik karena masalah banjir salah satu sumbernya sampah yang dibuang ke sungai.Pengelolaan sampah ini dengan memetakan kehadiran TPS di tiap RW.Dalam menyikapi banjir yang hadir karena air hujan yang begitu besar, sudah selayaknya kita merespon positif dengan memperbanyak resapan air baik itu dengan Pembuatan sumur resapan, drum pori dan biopori.Semoga dengan sinergitas semua pihak terutama masyarakat dapat menjadikan kota Bandung sebagai kota yang layak huni bagi warganya, tutup Mang Oded.

(Kang Amat)

Komentar

News Feed