oleh

Menanti Kebermaknaan Forum DAS Kota Bandung

Bandung, Prabunews.com – Pada hari ini, kamis (30/1) bertempat di Aula Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung dilaksanakan Rapat pembentukan pengurus Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Kota Bandung.


Dedi Dharmawan sebagai Ketia DAS Kota Bandung mengatakan bahwa tufoksi adalah acuan dari kinerja forum DAS Kota Bandung.Selanjutnya Dedi menyampaikan ingin mengakomodasi berbagai informasi dari semua Tim yang ada di forum itu sendiri mengingat di forum termasuk ada dewan pakar.

Dari informasi ini diharapkan forum bisa mengambil tindakan yang efektif dan efisien. Bentuk kinerja lain yang harus dimaksimalkan dari kinerja forum adalah menghadirkan komunikasi yang baik sehingga segala permasalahan yang berhubungan dengan DAS akan mudah terselesaikan sesuai harapan.Sementara Tom Maskun selaku Ketua Forum Koordinasi DAS Jawa Barat mengatakan bahwa forum ini akan mendapatkan tufoksi sesuai dengan SK Gubernur.

Beliau menambahkan bahwa permasalahan DAS adalah tanggung jawab kita bersama. Dari permasalahan DAS yang hadir, forum bisa menganalisis permasalahan DAS dan mengkoordinasikan kepada pihak terkait.Sementara itu pola gerakan forum bersifat partisipatif dan senantiasa mengoptimalisasi semua upaya itu.


Kita bukan dalam posisi mengkritisi pemerintah atas permasalahan DAS karena forum itu ada didalamnya.Justru forum DAS berperan menjadi bagian dari solusi serta bagian dari gerakan berkolaborasi. Forum DAS diharapkan memiliki kajian menyeluruh atas permasalahan yang ada dan hal itu menjadi informasi bagi pihak terkait untuk mengeksekusi langkah solusinya. Dan tentunya berbicara solusi disertai aksi merupakan bagian paripurna bagi pecinta bumi agar tetap lestari.

(Kang Amat)

Komentar

News Feed