oleh

Kesenian Tradisional Jawa Barat Di Ambang Kepunahan

Bandung, Prabunews.com – Pemerintah harus hadir selamatkan seni budaya tradisional yang mengalami keterpurukan. Diperkirakan 40 kesenian tradisional di Jawa Barat alami kepunahan dan 80 diambang kepunahan serta sisanya berkembang.

Kepala Seksi Atraksi Budaya Jawa Barat, Iwan Gunawan mewakili Kepala UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat, Erick Henriana, menjelaskan, berdasarkan hasil pendataan tahun 2015, ada 40 jenis kesenian yang mengalami mati suri dan punah,serta 80 jenis lainnya diambang kepunahan.

“Punah dalam hal ini dikarenakan beberapa sebab, selain tidak ada lagi senimannya, juga tidak ada lagi masyarakat yang menanggap atau menampilkan, demikian pula dengan kesenian tradisional yang hampir punah, lebih banyak ditinggalkan pelaku seninya dan masyarakat pemiliknya,” ujar Iwan pada penyusunan program penyelamatan seni budaya tradisional di Jawa Barat, di BallRoom Teater Tertutup Taman Budaya Jawa Barat.(30/1/2020).

Salah satu upaya menyelamatkan kekayaan karya budaya Jawa Barat tersebut,menurut Iwan Gunawan,sejak tahun 2005 Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat melalui UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat (dulu Balai Taman Budaya Jawa Barat) melaksanakan program rekonstruksi seni budaya yang sudah punah, serta program revitalisasi dan pewarisan.

Komentar

News Feed