oleh

Pencak Silat mewarnai Panggung ” Naratas Kana Budaya Sunda “

Bandung – Prabunews – Setelah diakuinya Pencak Silat sebagai. warisan budaya tak benda oleh Unesco pada 12 Desember 2019, kini tengah diusulkan kepada pemerintah pusat tanggal 12 Desember sebagai hari Pencak Silat nasional.

Demikian Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jawa Barat. H.Icak Phinera Wijaya pada Launching Panggung Naratas Kana Budaya Sunda SEKBER BBC, di CFD Buah Batu Bandung (16/2/2020).

Selain usulan 12 Desember sebagai Hari Pencak Silat, Pemda Provinsi Jawa Barat berencana membangun Kampung Pencak Silat. ” Sebagai apresiasi terhadap Pencak Silat yang telah diakui UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan membangun kampung pencak silat seluas 10 hektar.”jelas Icak.

Ungkapan senada di sampaikan Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Jawa Barat ,Febiyani. Dijelaskan Febiyani, aktivitas Pencak Silat di Jawa Barat tidak boleh terhenti setelah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia.
“Kita harus melakukan berbagai berupaya dan berbagai aktivitas agar Pencak Silat tetap menjadi warisan budaya dunia yang diakui Unesco,”ucapnya.

Peluncuran panggung Naratas Kana Budaya Sunda Sekber BBC itu ditandai dengan pengenaan iket dan penyerahan golok ke Usep Sukendar SE, yang akrab dipanggil Kang Udong selaku penggagas, oleh Ketua IPSI Jawa Barat H. Icak Phinera Wijaya. Kang Udong berharap panggung Naratas Kana Budaya Sunda SEKBER BBC ini bisa menjadi ruang publik bagi masyarakat , seniman dan budayawan Jawa Barat.

Pada kesempatan itu, IPSI Jawa Barat menampilkan atlit atlit Pencak Silat yang berprestasi di Sea Games dan PON sebagai wakil dari Jawa Barat. Helatan Panggung Naratas Kana Budaya Sunda SEKBER BBC diakhiri dengan mengajak pengunjung CFD dan undangan, secara serentak melakukan jurus dasar pencak silat, yang juga bisa diterapkan sebagai gerakan senam.

Launching tersebut juga dihadiri Kepala Taman Budaya Jawa Barat beserta jajarannya, Perwakilan Paguron-paguron Pencak Silat, BBC Tempo Doeloe, Ketua Umum dan pengurus Ormas BBC, Komandan Paspam dan Ketua Laskar Ormas BBC beserta jajarannya, Jakor Ormas BBC, komunitas Baikers Amsterdam BBC, serta pengurus dan anggota 22 small group BBC yang berada didalam Sekertariat Bersama (SEKBER) BBC 4 EVER. (Mz).

Komentar

News Feed