oleh

Dugaan Korupsi Yang Menyeret Umbara Masih Berlanjut Di Polda Jabar Sudah Lebih Dari Sebulan

Kab.Bandung Barat- Prabunews-Kombes Pol Saptono Erlangga/RMOLJabar,Polda Jabar masih melakukan pendalaman dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) dalam kegiatan dana hibah dan bantuan sosial (Bansos) di lingkungan Pemkab Bandung Barat, yang bersumber dari APBD 2019 dan menyeret nama Bupati, Aa Umbara Sutisna.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Saptono Erlangga menyebut, laporan masyarakat terkait dugaan Tipikor dana hibah dan Bansos tahun 2019 di lingkungan Pemkab Bandung Barat belum dihentikan. Bahkan, pihaknya masih terus menindaklanjuti laporan dan melakukan pendalaman dengan meminta berbagai data dari pihak-pihak terkait.

“Saat ini masih dalam tahap penyelidikan,” kata Erlangga ditemui saat melakukan pengamanan eksekusi lahan terdampak proyek nasional Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB), di Kampung Neglajaya, RT 02 RW 12, Desa Tagogapu, Kecamatan Padalarang, Senin (24/2).

Kendati masih melakukan pendalaman, Erlangga mengakui, Polda Jabar belum memanggil orang nomor satu di Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna mengenai dugaan penyelewengan tersebut. “Kita belum memanggil bupati, baru memeriksa dokumennya saja,” ucapnya.

Diterangkan dia, hingga saat ini penyidik masih mendalami dan meneliti dugaan tersebut. Jika hasil pendalaman dan penyidikan tidak ditemukan unsur pidana korupsi, maka pihaknya akan menutup laporan masyarakat terkait masalah tersebut.

“Kita masih menunggu hasil pendalaman dari penyidik, apakah ada unsur-unsur tindak pidana korupsinya atau tidak. Kalau ada tindak korupsi, ya, kita lanjutkan. Sekarang masih tahap penyelidikan,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, dugaan Tipikor dana hibah dan Bansos ini telah disampaikan Polda Jabar melalui surat yang dilayangkan Dir Reskrimsus Polda Jabar, Kombes Pol Iksantyo Bagus Pramono kepada Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna perihal permintaan dokumen terkait guna penyelidikan dugaan Tipikor dengan nomor surat B/14/ subdit lll/1/2020/ Dit Reskrimsus, pada senin ( 6/ 01) lalu.( Isyani)

Komentar

News Feed