oleh

Dana BOS Pendidikan Kurang transparan & lemah dalam Pengelolaan

Pendidikan adalah salah satu hal yang sangat penting dalam pembangunan suatu negara, hal ini membuat setiap negara didunia mewajibkan setiap warga negaranya untuk mengenyam pendidikan agar Human Development Index (HDI) negara tersebut senantiasa meningkat. Namun tidak semua penduduk di Indonesia mampu menyekolahkan anak mereka hingga sembilan tahun, apalagi semenjak kenaikan harga BBM yang mengakibatkan turunnya daya beli masyarakat yang berdampak negatif terhadap akses masyarakat miskin terhadap wajib Pendidikan Sembilan Tahun.

Dalam hal ini pemerintah mengalokasikan dana Bantuan Operasional Siswa (BOS) guna mewujudkan penuntasan wajib belajar 9 tahun. Program ini dikomandani oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, yang penyaluran, penggunaan, dan pertanggungjawabannya dilaksanakan secara terpadu oleh para pihak yang terkait dari Menteri hingga Kepala Sekolah pada sekolah-sekolah yang berhak menerima dana BOS.

Tujuan dikucurkannya Bantuan Operasional Sekolah (BOS) adalah membebaskan biaya pendidikan bagi siswa tidak mampu dan meringankan bagi siswa yang lain, agar mereka memperoleh layanan pendidikan dasar yang lebih bermutu., Bantuan berbentuk uang maupun buku adalah bantuan agar peserta didik dapat sekolah atau secara minimum bisa mengenyam pendidikan yang targetnya adalah agar minimal pendidikan yang wajib bisa diikuti oleh sebagian besar atau minimal 95% dari semua anak usia sekolah. Oleh karena itu perlu manajemen yang cermat, terutama yang dilakukan oleh para pengelolanya. Secara klasik inti manajemen ada empat, yaitu planning, organizing, actuating, dan controlling. Dengan adanya manajemen yang baik maka akan mempermudahkan dalam melakukan pengawasan nantinya.

Baca juga : Dana Desa, “Antara Prestasi Dan Terali Besi” Oleh : Rahmat Hidayat (Ketua Umum LSM PRABU)

Keberadaan sekolah tidak terlepas dari komite sekolah yang terdiri dari para orang tua peserta didik dan masyarakat partisipan sekolah, peserta didik, serta tenaga pendidik dan kependidikan. Subjek sekolah adalah semua stakeholder pendidikan. Sekolah bukan sekedar menjadi urusan kepala sekolah dan para guru. Sekolah adalah urusan bersama setiap stakeholder pendidikan. Laju perkembangan sekolah adalah tanggungjawab bersama. Pengelolaan sekolah adalah pengelolaan bersama. Dana bantuan operasional sekolah (BOS) adalah salah satunya yang perlu dikelola secara bersama untuk kemajuan sekolah.

Komentar

News Feed