oleh

Warga Subang Gunakan Losseda Dalam Mengatasi Sampah Organik yang Terinspirasi Dari Youtube

Subang – Prabunews – Berbagai upaya terus dilakukan warga masyarakat untuk mengatasi sampah. Salah satunya dilakukan oleh warga Rw. 05 Desa Gunung Tua, Kecamatan Cijambe, Kabupaten Subang.

Saat kami menemui ketua Rw. 05 (Usep Sudrajat), Dia menyampaikan, awalnya kami melihat tayangan dari Youtube https://youtu.be/DtWQsfNmHqg yang saat ini sedang viral.

“Wah ini inovasi yang bagus, perlu di kembangkan di wilayah kami, alatnya sederhana dan manfaatnya luar biasa, bisa menyelesaikan sampah mulai dari sumbernya”. Ujar Usep saat ditemui di rumahnya. Minggu (29/2/2020).

Setelah melihat tayangan Youtube, Lanjut Usep, kami bersama warga dan pemuda langsung bergerak dan mensosialisasikannya kepada warga.

“Alhmadulilllah warga langsung merespon dengan baik”. Tuturnya.

Dari hasil sosialisasi, Losseda (Lodong Sampah Sesa Dapur) diwilayahnya, saat ini selama 2 minggu sudah terpasang 30 unit. Dengan penempatan itu, masyarakat bisa memanfaatkannya dengan baik.

“Saat ini, warga sudah melakasanakannya mulai dari pemilahan sampah Organik dan Anorganik. Sampah Organik kami masukan ke Losseda. Sedangkan Anorganik kami jadikan menjadi yang bernilai ekonomis karena ditempat kami juga ada Bank Sampah”. Ujar Usep sambil mempraktekan penggunaan Losseda.

Usep bersyukur, dengan adanya Losseda ini, sampah diwilayah kami yang sebelumnya ditarik seminggu dua kali oleh petugas Kebersihan dengan menggunakan Cator (Beca Motor) saat ini sampah diwilayahnya bisa berkurang.

“Alhamdulillah 50 % sampah di Rw. 05 bisa berkurang berkat adanya Losseda dan Bank Sampah. Adapun yang ditarik petugas sampah yang tidak bisa dimanfaatkan”. Pungkas Usep.

Oleh Karena itu, Usep berharap dengan adanya program ini, wilayah kami menjadi Kawasan yang Bebas Sampah (KBS).

“Dengan adanya program ini, respon dari aparat kewilayahan sangat baik. Selain itu, bimbingan terkait Losseda yang kami harapkan. Karena belum 100% masyarakat memahaminya selama ini masyarakat masih mengandalkan Vidio Youtube”. Jelas Usep. (YR)

Komentar

News Feed