oleh

DPRD Kota Bandung Dorong Pelaksanaan Job Fair Khusus Disabilitas

Bandung, Prabunews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung mendorong dilaksanakannya Job Fair khusus disabilitas. Hal itu sebagai upaya memberikan kesempatan yang sama kepada penyandang disabilitas. Kota Bandung di Gedung DPRD Kota Bandung, Jalan Sukabumi nomor 30  Bandung, Rabu (18/3/2020).

Ketua DPRD Kota Bandung, H. Tedy Rusmawan AT, MM mengatakan, dalam setahun terdapat 3 kali job fair yang digelar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Dengan demikian, diberikan ruang bagi para penyandang disabilitas, untuk lebih mudah memperoleh pekerjaan.

“Kita coba mendorong agar dari sekian kegiatan job fair di Kota Bandung, ada yang khusus bagi teman-teman disabilitas,” ungkapnya saat menerima audiensi dengan Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI).

Menurut Tedy, kesempatan kerja bagi para penyandang disabilitas, merupakan bagian dari perhatian dan tanggung jawab bersama. Hal ini termasuk ada tanggung jawab dari perusahaan-perusahaan di Kota Bandung, yang perlu memberi ruang bagi kaum difabel.

Baca juga : Situs Radio Malabar Sebagai Objek Wisata Edukasi

“Maka dalam perubahan atau inovasi ini, Kota Bandung harus jadi pioner. Karena ini belum ada di manapun,” ujarnya.

Tedy juga menuturkan bahwa para penyandang disabilitas dapat membuat inovasi atau kreatifitas, sehingga dapat lebih memberdayakan ekonomi para disabilitas. Hal itu dapat dilakukan misalnya melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Selama ini kepedulian kepada kaum disabilitas baru sebatas di atas kertas, tapi konkretnya belum. Maka ini yang perlu kita dorong bersama-sama,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, perwakilan PPDI Kota Bandung, Guntur berharap adanya sinergi dengan DPRD Kota Bandung, khususnya terkait kaum disabilitas.

Menurut Guntur, para penyandang disabilitas membutuhkan kartu kuning atau kartu pencari kerja, sehingga lebih memudahkan dalam memperoleh pekerjaan.

“Sebelumnya kegiatan job fair sering ditambah ‘plus disabilitas’, ini artinya ada peningkatan perhatian kepada kaum disabilitas,” tambahnya.

(AA)

Komentar

News Feed