Februari 24, 2020

Batik Paku jadi unggulan di Kalimantan Timur

Kalimantan Timur, Prabunews.com – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan batiknya . Batik sendiri juga sudah di tetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya asli dari Indonesia , salah satunya ialah batik paku.

Batik paku ini berasal dari Kutai Timur Provinsi Kalimantan Timur.

Batik paku ini memiliki beberapa jeni motif yang diantaranya ialah Paku Umbuy, Paku Enggang, Akar Paku, Paku Oros. Usaha batik paku milik Bapak Risno Asan Sanjoyo sudah merintis sejak 2013 .

Baca juga : Katalia Kab.Bandung Sukses Menggelar Workshop Menghadirkan Narasumber Nelly Thomsound

Sejauh ini para pelancong domestik mau pun mancanegara banyak yang menyukai batik paku .

Batik paku milik bapak Risno memiliki moto utama yaitu melestarikan dan menja seni budaya lokal.

Motif favorit dari batik paku ini ialah motif akar paku “Filosofi motif paku yaitu , paku memiliki lekukan pada ujung daun paku yang muda sehingga lekukan itu membentuk lingkaran yang artinya perputaran kehidupan manusia terkadang di atas terkadang di bawah , terkadang senang dan terkadang sedih.

Yang tua menyangi yang muda yang muda menghormati yang tua . Disitulah manusia akan selalu bersyukur dengan cobaan hidup yang akhirnya menemui titik akhir yaitu kematian .

Pakis bisa tumbuh dimana di hutan , pesisir , bebatuan ,dan tanah kering begitu juga kehidupan manusia harus bisa bertahan hidup dimanapun mereka berada .” Ujar Risno .

(SF)

Komentar